PPKM Darurat, Masjid Al Akbar Surabaya dan AYSI Gelar Takbir Virtual Nasional

Selebaran MAS dan AYSI dalam Munajat dan Takbir Virtual yang dihadiri Gubernur Jatim dan Atta Halilintar/Ist
Selebaran MAS dan AYSI dalam Munajat dan Takbir Virtual yang dihadiri Gubernur Jatim dan Atta Halilintar/Ist

Menjelang Hari Raya Idul Adha di tengah PPKM Darurat, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) dan Asosiasi Youtuber Santri Indonesia (AYSI) menyajikan tutorial takbiran dalam bentuk video audio MP3/WAV bersama Imam Masjid Al Akbar dan Satpol PP Provinsi Jatim.


Selain itu, kolaborasi MAS dan AYSI ini juga menyelenggarakan Munajat dan Takbir virtual nasional yang dilaksanakan pada, Senin (17/7) malam, pukul 19.30 WIB. Kegiatan ini turut mengundang dan dihadiri secara virtual oleh KH Anwar Manshur Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri, KH Agoes Ali Masyhuri Ponpes Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo.

Turut hadir, penasehat AYSI yang juga Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa, Gus Miftah yang juga merupakan pegiat dakwah melalui media sosial asal Yogyakarta, Ustadz A Muzakky Al Hafidz dari Masjid Al Akbar dan youtuber internasional, Atta Halilintar dari Jakarta.

"Untuk tutorial takbiran itu melibatkan dua Imam milenial masjid nasional Al Akbar yakni Ustadz H Ahmad Muzakky Alhafidz dan Ustadz H Husni Mubarok Al Hafidz. Dari Satpol PP Provinsi Jatim ada anggotanya yang bertugas menabuh bedug yakni Muhammad Saifudin," kata Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor, dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (17/7).

Dijelaskan Helmy yang juga inisiator tutorial takbiran PPKM Darurat itu menjelaskan M Saifudin adalah anggota Satpol PP Provinsi Jatim yang merupakan alumni MA Hasyim Asy'ari Jogoroto, Jombang dan aktif menjadi tim drumband saat masih sekolah. 

"Agar masyarakat mudah dalam memanfaatkan tutorial takbiran Idul Adha berdurasi 4 menit itu, maka format audio visual dikemas dalam bentuk video MP4, audio MP3/Wav," imbuh Helmy yang juga Ketua Presidium Pusat AYSI.

Untuk file HD atau resolusi besar, Helmy yang merupakan alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini mengungkapkan file bisa diunduh melalui channel youtube Masjid Al Akbar TV dan AYSI Channel dengan link, https://youtu.be/2Xj4oNkDjgw

Sementara, Sekretaris Presidium AYSI, Gus Mujtahidur Ridho mengatakan munajat dan takbir virtual nasional yang bertema " Mengetuk Pintu Langit : Indonesia Sehat dan Bangkit " ini bertujuan untuk mendoakan agar Allah mengangkat virus covid-19, sekaligus mendampingi masyarakat di rumah dalam mengumandangkan takbiran. 

"Acara itu digelar secara virtual mulai pukul 19.30 - 21.00 WIB. Jadi, mari kita ikuti dengan khidmah dari rumah masing-masing," ujar Gus Edo panggilan akrabnya.

Ia menambahkan, acara munajat dan takbir virtual nasional ini akan disiarkan langsung di  channel youtube Masjid Al Akbar TV,  AYSI Channel, Khofifah Indar Parawansa Channel,  Cita Entertainment, SAS FM dan direlay  600 chanel  anggota AYSI seluruh Indonesia. 

"Mari, sinergikan ikhtiar dhohir dan bathin agar Allah lekas mengangkat  Covid-19 dari bumi Indonesia dan dunia. Amin," tandasnya.