Mantan Anggota Dewan Jember Ditemukan Meninggal Dunia Saat Isoman

HM Sanusi Mukhtar Fadhila, mantan anggota DPRD Jember/Repro
HM Sanusi Mukhtar Fadhila, mantan anggota DPRD Jember/Repro

HM Sanusi Mukhtar Fadhila, mantan anggota DPRD Jember, Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) Jember, ditemukan meninggal dunia di dalam kamarnya, Minggu (18/7) siang.


Dia tinggal seorang diri dan melakukan isolasi mandiri (Isoman), sejak isterinya meninggal dunia pada Senin pekan lalu, (12/7/2021). Isterinya, Ririn Afroh Nor Asmara, meninggal dunia, terkonfirmasi positif Covid-19.

Kabar kematian Haji Sanusi, disampaikan teman sejawatnya, H Ahmad Faesol, Legislator PPP. 

"Inna lillahi wa Inna ilaihi rojiun, bpk H. Sanusi ditemukan meninggal. Semoga khusnul khotimah, beliau Isoman," tulis H. Faesol dalam sebuah WA group warga Jember, disertai gambar almarhum.

"Dia baru ditemukan meninggal dunia sekitar pukul 14.00.WIB. Semalam ditelpon tetangganya, tidak respon. Siang tadi cek, ditemukan sudah meninggal dunia, memeluk bantal," tutur Faesol tetangga dekat yang juga sesama Pengurus DPC P3 Jember kepada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (18/7) sore.

Dia menjelaskan, almarhum menjalani Isoman selama 2 hari sebelum isterinya meninggal dunia, Sabtu(10/7) lalu. Karena itu, almarhum tidak ikut dalam acara pemakaman isterinya di Desa Sempolan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Sebab, masih Isoman sejak isterinya divonis terkonfirmasi positif Covid-19. Namun almarhum sempat meng-upload kabar duka isterinya.

"Innalilahi wa Inna ilaihi rojiun. Telah Wafat isteri saya Ririn Afroh Nor Asmara pada hari ini Senen tanggal 12 Juli 2021, pukul 4 subuh dan akan di makamkan hari ini, sekitar jam 12.00. WIB di sempolan, dengan memakai protocol kesehatan Covid 19. Kepada semua sahabat-sahabat mohon do'anya agar almarhumah diampuni segala dosanya dan diterima semua amal baiknya," demikian tulis almarhum yang terakhir kalinya di group WA.

Semasa hidup, HM Sanusi senang berorganisasi. Dia pernah menjabat Ketua LAZISNU PCNU 2015-2020, Wakil ketua Lesbumi PCNU Jember. Juga skretaris Ahsan.Ketua LAZISNU PCNU 2015-2020, Wakil ketua Lesbumi PCNU Jember. Juga skretaris Amanah Harakah Santri Nasional (AHSAN) Jember.

Ucapan duka dan doa terus mengalir hampir setiap group WA yang almarhum ikuti. Serta mengenang semasa hidup almarhum.

"Saya benar benar kehilangan Kader terbaik sejak di PMII sekaligus sahabat seperjuangan. Almarhum seorang aktivis sosial yang tak mengenal lelah. Hidupnya selalu diabdikan untuk ummat. Semoga menjadi penghuni Jannatu naiem," ujar Mahfudz MN, teman almarhum. 

Kapolsek Mayang, Iptu Bejul Nasution, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Almarhum akan dimakamkan di desa asalnya, di wilayah Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso.

"Benar, almarhum ditemukan meninggal saat Isoman. Saat ini sudah siap-siap berangkat ke rumah di Maesan Bondowoso. Maaf mas, saya masih mau mengatur arus lintas, karena jenazah mau diberangkatkan," kata Bejul.