Gus Yani Kukuhkan Jajaran Pengurus BPD Gresik

Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani saat pengukuhan jajaran pengurus perkumpulan BPD Gresik/RMOLJatim
Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani saat pengukuhan jajaran pengurus perkumpulan BPD Gresik/RMOLJatim

Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani selaku Ketua Dewan Pembina Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengukuhkan Suyanto sebagai Ketua Umum BPD Kabupaten Gresik periode 2021-2026.


Kegiatan yang berlangsung di Ruang Mandala Bhakti Praja Kantor Bupati Gresik itu, dihadiri oleh Ketua DPRD serta perwaklan dari Polres dan Kodim 0817 Gresik.

Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik usai melakukan pengukuhan meminta agar BPD agar selalu berkolaborasi dan bersinergitas dengan kepala desa (kades) dalam melaksanakan pembangunan di desa. 

“Dalam bekerja menjalankan tugasnya, Kepala Desa dan BPD harus selalu bermusyawarah. Kades sebagai kepanjanan tangan Pemerintah di desa, sedangkan BPD merupakan perwakilan masyarakat desa. Kalau kedua lembaga desa ini saling bersinergi, maka pembangunan untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat di desa segera terwujud," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (4/8).

"Kami juga berharap kepada seluruh anggota BPD, agar jangan menjadi beban baru bagi penyelenggaraan Pemerintahan desa. Sebaiknya saling menganggap bahwa BPD dan Kades sebagai mitra strategis," ujarnya.

Senada juga diungkapkan, Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir bahwa antara Kades dan BPD tidak ada bedanya dan keduanya harus bisa bekerjasama untuk mewujudkan pembangunan desanya. 

"Keduanya harus bermusyawarah dan bersinergi dalam mengambil keputusan maupun dalam penganggaran pembangunan desa. Misalnya, BPD harus berada dalam satu ruang untuk menyusun anggaran pemerintahan desa. Sehingga anggaran yang tersusun bisa saling mendukung, untuk kesuksesan pembangunan Gresik baru,” tuturnya.

Sementara Ketua Umum BPD Gresik, Suyanto menegaskan lahirnya perkumpulan BPD ini, atas dorongan dari 2.548 anggota BPD yang memiliki semangat untuk membangun desa.

“Insya Allah, kami akan selalu membangun sinergitas agar bisa mendorong percepatan pembangunan di tingkat desa yang ada di seluruh Kabupaten Gresik,” tandasnya.