IPIP Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis hingga Pembagian Sembako di Tambak Bayan Surabaya

Asrilia Kurniati/RMOLJatim
Asrilia Kurniati/RMOLJatim

Keberkahan bulan Ramadhan tak hanya dirasakan bagi umat muslim di Surabaya. Namun juga dinikmati para warga keturunan Tionghoa yang berada di Tambak Bayan Surabaya


Terutama warga yang sudah lanjut usia (lansia) dan terbilang kurang mampu.

Nikmatnya berkah di ujung bulan ramadhan ini diberikan oleh Ikatan Perempuan Indonesia Peduli (IPIP).

"Kegiatan hari ini adalah sambungan dari kegiatan kemarin bersama POTAS dan PPJI, nah sekarang kita ke kampung pecinan di Tambak Bayan. Jadi kita memang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian sembako gratis sama nasi kotak juga," kata Founder IPIP, Asrilia Kurniati dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (4/4).

"Jadi alhamdulilah kemarin itu dana yang terkumpul dari partisipasi ning-ning IPIP sama donatur IPIP itu sangat banyak," imbuhnya.

Menurut Asrilia, kampung yang mayoritas ditinggali oleh keturunan Tionghoa ini sangat membutuhkan bantuan di semua hal, salah satunya dari segi kesehatan maupun gizi.

"Alhamdulilah jadi ini bisa kami lakukan di beberapa titik. Insyaallah nanti kedepan kita cari lagi yang memang belum tersentuh, karena disini katanya butuh pemeriksaan gratis seperti ini tapi belum ada. Jadi kita lakukan pemeriksaan gratis dan mereka sangat apresiatif. Lumayan ai-ai dan susuk-susuk senang, dan sambutannya tadi hangat banget, Alhamdulillah mereka menyambut ramah kehadiran saya dan tim disini," terangnya.

Sebelumnya, IPIP, PPJI dan POTAS sempat membagikan takjil di area Alun-alun Surabaya, dan di Bulan penuh berkah ini, mereka kembali mengulurkan tangan untuk warga-warga yang tak tersentuh bantuan.

"Benar. Jadi memang kan daripada mereka tidak bisa menyalurkan amalan mereka, akhirnya kita masuk di kas IPIP, kemarin partisipasinya banyak banget tuh kegiatan bersama POTAS. Jadi kita lanjut lagi ke orang-orang yang memang membutuhkan uluran tangan kita. Alhamdulilah ada dokter 3 di sini. Tadi juga gak banyak bicara, yang penting kita mau tahu aja mereka sehat atau enggak," ucap istri dari Politikus Bambang Haryo Soekartono ini.

Sementara itu, Wakil Ketua RT 02 RW 02 Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan Surabaya, Suseno mengatakan, jika bantuan yang dilakukan IPIP ini sangat bermanfaat bagi para penghuni di Tambak Bayan.

"Ya baguslah, kan juga kalau ini kan istilahnya baksos kesehatan yang bukan biasa-biasa, maksudnya bukan standart biasa. Kalau ini kan kolesterol, gula darah, seperti itu. Kami terima senang banget," ungkap Seno.

"Saya pikir kalau warga, mungkin ini kehendak yang di atas ya. Kalau kita warga tidak bisa menemukan orang-orang baik, maka orang-orang baik yang akan menentukan warga tambak bayan. Simpel, karena perjuangan kami belum selesai. Jadi ini satu anugrah juga," pungkasnya.