Siapkan Tim Medis, Partai NasDem Jatim Luncurkan Lima Mobil Ambulans Khusus Covid-19

Tim Medis Partai NasDem Jatim/RMOLJatim
Tim Medis Partai NasDem Jatim/RMOLJatim

Sebagai wujud kepedulian di tengah pandemi Covid-19, DPW Partai NasDem Jawa Timur mencoba meringankan beban masyarakat, sekaligus membantu pemerintah, dengan memberikan layanan fasilitas mobil ambulans secara gratis.


Mobil-mobil ambulans tersebut, sengaja dikhususkan untuk membawa pasien dan jenazah yang terkonfirmasi Covid-19.

"Bukan kita tidak mau melayani yang non covid, tapi ambulans untuk pasien Covid memang tidak bisa dicampur dengan non Covid. Kita utamakan yang Covid dulu. Mudah-mudahan ke depan kita bisa melayani semuanya," tutur Ketua Ketua DPW NasDem Jatim, Sri Sajekti Jeanette, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat, (6/8)

Ada lima mobil ambulans yang disediakan oleh Partai Nasdem Jatim, diantaranya; tiga mobil ambulans untuk pasien Covid-19 yang ditempatkan di Kabupaten Sidoarjo, Bangkalan dan Gresik. Sementara dua mobil jenazah disiagakan di Kota Surabaya. 

Dipilihnya daerah tersebut, selain bisa tersebar di beberapa wilayah, juga dekat dengan Kota Surabaya, yang notabene menjadi pusat penanganan Covid-19 di Jawa Timur.

"Misalkan, jika ada pasien rujukan, tujuannya pasti ke Rumah Sakit Dr Soetomo dan Rumah Sakit Airlangga Surabaya. Nah, itu yang menjadi pertimbangan kita," kata perempuan yang akrab dipanggil dengan sebutan Bunda Janet.

Begitu pula ketika ada pasien rujukan yang meninggal di Surabaya. Mobil ambulans tersebut, bisa dipakai untuk membawa jenazah yang terkonfirmasi Covid-19 ke daerah asal, tanpa dipungut biaya apapun.

"Karena ini gratis, maka keluarga pasien tidak perlu membayar uang bensin, atau uang masuk tol. Semuanya gratis dan tidak perlu sungkan, karena ini tanggung jawab sosial kami. Sebab, sebelum diterjunkan, para kader yang bertugas, sudah kita beri pembekalan, mulai dari visi dan misi, serta keniatan mereka menjadi sukarelawan. Jadi, mereka akan sangat berbahagia ketika bisa menolong," sambung Ketua Gugus Tugas Covid-19 Partai NasDem Jatim, Warsito.

Dalam misi kemanusiaan tersebut, lanjut Jaenette, Partai Nasdem Jatim memang tidak hanya sekedar pada fasilitas mobil ambulans saja. Tetapi, juga membekali timnya  dengan terlatih secara teknis dan medis.

Sebab, sebelumnya Partai Nasdem Jatim telah melibatkan 20 kadernya untuk dilatih secara khusus oleh tim Satgas Covid-19 dari RS Dr. Soetomo Surabaya, dalam membawa pasien Covid-19 yang sesuai dengan standar SOP.

"Di call center Partai Nasdem sudah ada operator yang memastikan apakah masih ada mobil ambulans yang beroperasi atau tidak. Nantinya operator akan memberikan kepastian, sebab di tim kami juga ada 5 orang yang khusus memantau pergerakan trafick dari mobil ambulans tersebut," kata Jeanette.

Jeanette juga menjelaskan, fasilitas mobil ambulans gratis ini rencananya akan dioperasionalkan selama tiga bulan. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi ulang. Jika nantinya kasus Covid-19 sudah melandai, maka mobil ambulans tersebut tidak akan lagi dipakai.

"Tetapi kalau kasusnya masih meningkat, ya tetap akan dipakai sesuai evaluasi. Yang jelas kita berharap agar kasus  Covid-19 ini bisa cepat selesai," ujar Jeannete 

Apa yang dilakukan Partai Nasdem Jatim ini, selaras dengan apa yang dikatakan oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Bahwa kerja politik tidak boleh lepas dari sisi kemanusiaan.

"Jadi analoginya, untuk kebaikan, lakukanlah apa yang bisa dilakukan biarpun hanya sebutir pasir. Siapa tahu langkah kecil ini menjadi inspirasi bagi yang lain untuk saling tolong menolong," tutup Jeannete. 

Berikut nomer call center Partai Nasdem meliputi wilayahnya; 

Surabaya : 08184211919

Bangkalan : 081215671919

Gresik : 082296261919

Sidoarjo : 081228601919