HUT Kemerdekaan, Keluarga Pahlawan Kemerdekaan ini Dapat Kado dari Gubernur Jatim

Petugas TKSK menyerahkan bantuan kepada Nenek Usna /RMOLJatim
Petugas TKSK menyerahkan bantuan kepada Nenek Usna /RMOLJatim

Tepat di hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 76, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan kado bantuan kepada sejumlah keluarga pejuang kemerdekaan di Situbondo, Selasa (17/8).


Pemberian bantuan ini diwakili oleh Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK) Kabupaten, dan disaksikan oleh pejabat desa di masing-masing alamat penerima.

"Ini kami hanya menyampaikan amanat, yaitu berupa penyerahan bantuan dari Pemerintah Propinsi, untuk sejumlah keluarga pejuang kemerdekaan, khususnya di Situbondo," terang Taufiq Hasan, salah satu pendamping TKSK Kecamatan Kapongan, kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Menurut Taufiq, bantuan yang diberikan berupa alat memasak nasi elektronik, serta kebutuhan pokok seperti beras, gula, serta kebutuhan pokok lainnya yang dikemas menjadi satu kardus besar.

Salah satu penerima bantuan adalah Usna, perempuan renta yang sekarang berusia 103 tahun dan merupakan istri veteran. Nenek yang masih bisa berkomunikasi dengan baik itu, membenarkan jika dirinya selalu mendapatkan bantuan setiap tahunnya.

"Suami saya sudah meninggal beberapa tahun lalu, saya bersyukur masih diberi bantuan oleh pemerintah, saya sampaikan terimakasih kepada ibu gubernur yang selalu memberikan bantuan saat HUT kemerdekaan," ujarnya.

Setiap bulan mendapatkan tunjangan ? Nenek asal Desa Kesambirampak, Kecamatan Kapongan ini mengaku tidak pernah mendapatkan bantuan apapun setiap bulannya. Sehari-hari, dirinya kini tinggal dan menumpang makan bersama anaknya.

Ada yang menarik dalam penyerahan bantuan, ternyata nenek Usna masih bisa mengingat peristiwa dimasa penjajahan, dirinya bahkan sempat menyanyikan lagu berbahasa belanda yang dahulu kerap dinyanyikan oleh penjajah.

"Alhamdulillah sekarang kita sudah merdeka, pesan saya jangan sampai melupakan jasa pahlawan yang melawan penjajah," tutupnya.

Informasi lain yang diperoleh, selain nenek Usna, ada tiga keluarga pahlawan kemerdekaan yang juga mendapatkan bantuan serupa.