Deionisasi Water Treathment Solusi Air Bersih Kerjasama Satradar 222 dan Perumdam Jombang di Wilayah Kabuh

Peresmian Deonisasi Water Treathmen oleh Bupati Jombang dan Forkopimda/Ist
Peresmian Deonisasi Water Treathmen oleh Bupati Jombang dan Forkopimda/Ist

Meski berada di dataran tinggi dan menjadi kawasan yang sering kekurangan air di musim kemarau, juga kualitas air yang keruh. Kini, sudah tidak menjadi kendala lagi, di karenakan Kecamatan Kabuh sudah ada teknologi Deionisasi Water Treatment di Kawasan Satradar Kabuh.


Pada ketinggian 119 meter diatas permukaan laut diantara hamparan hutan jati, Deionisasi water Treatment Filter sudah siap difungsikan dengan kualitas air yang bersih.

"Ini yang namanya back to nature diantara hamparan hutan jati," kata Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab dikutip Kantor Berita RMOLJatim dalam suksesi program air bersih mengalir berkah di Kabupaten Jombang, Senin (6/9).

Bupati Jombang menyampaikan terima kasih pada pihak-pihak terkait yang telah mensukseskan program air bersih terjangkau untuk masyarakat terutama PDAM dan Satradar 222 Ploso dikawasan utara brantas tersebut.

"Alhamdulillah deionisasi water treatment filter sudah rampung dan siap di peruntukkan bagi masyarakat, terima kasih pada semua pihak yang bekerjasama mewujudkan air bersih ini," tuturnya.

Sedangkan, Letkol Lek Yudi Amrizal, menambahkan bahwa air di Satradar 222 kini kualitas airnya bersih. Diharapkan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Terlebih, deionisasi ini beberapa kali melakukan kajian dan tes uji sistim filtrasi.

"Sistem filtrasi dengan 3 tahapan, pertama redusi zat padat terlarut yang berlebih, kedua, filtrasi karbon aktif lodine, dan ketiga, pemberian resin softener," tandasnya.

Sekedar informasi, sistem filtrasi air dengan metode deionisasi ini pertama kali diinisiasi oleh Dansatradar 222 Jombang atas keadaan air Satradar yang tidak layak konsumsi. Permasalahan air bersih di wilayah Satradar 222 Ploso, menjadi perhatian utama mengingat urgensitasnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih diwilayah Satradar 222 Jombang dan sekitarnya.

Terpisah, Direktur PDAM Kabupaten Jombang, Khoirul Hasyim mengatakan bahwa deionisasi water filter treatment merupakan program yang berdasarkan pada persetujuan Bupati Jombang tentang rencana kerja pada rencana anggaran pendapatan dan biaya tahun 2021 nomor 364/8283/415.20/2020.