Antisipasi Musim Hujan, Wawali Armuji Tinjau Pengerukan Brandgang Darmo Kali

Armuji saat memanrau pengerukan brandgang yang ada di Jalan Raya Darmo/RMOLJatim
Armuji saat memanrau pengerukan brandgang yang ada di Jalan Raya Darmo/RMOLJatim

Dalam empat bulan terakhir ini, dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya melakukan pengerukan saluran drainase secara masif. 


Di antaranya, brandgang yang ada di Jalan Raya Darmo. Brandgang itu sendiri merupakan jalur saluran yang biasa menjadi penghubung antara saluran kecil ke saluran besar.

Dalam pengerukan itu petugas menemukan adanya sedimentasi yang menyebabkan pendangkalan. Oleh sebab itu, brandgang tersebut harus dikeruk. Sehingga, aliran air dapat mengalir dengan lancar.

“Kita lihat sendiri sedimennya cukup tinggi, hampir peres (rata) air yang diatas. Karena itu, kita lakukan pengerukan supaya aliran air itu bisa lancar,” kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji dikutip Kantor Berita RMOLJatim usai meninjau langsung proses pengerukan brandgang di Jl. Raya Darmo, Surabaya, Jum'at (10/9).

Armuji menjelaskan, pengerukan itu rutin dilakukan sebagai bentuk anitisipasi datangnya musim hujan. 

Pengerukan itu juga dilakukan di beberapa brandgang lainnya, seperti di brandgang di wilayah Tambaksari dan Gubeng.

“Jadi, nanti saat musim hujan tiba bisa menampung lebih banyak debit air. Ini tanggung jawab bersama yo rek. Pemkot Surabaya sudah bekerja untuk mengantisipasi banjir, ayo dibantu,” imbaunya.

Selain itu, ia juga memberikan semangat kepada petugas yang sedang bekerja melakukan pengerukan di brandgang Darmo Kali. 

Bahkan, ia juga mengajak para paetugas itu makan nasi bungkus bersama. 

“Rek, mangan sik, wis wayahe istirahat (Makan dulu, sudah waktunya istirahat). Suwun yo rek, sudah menjaga Surabaya agar bebas banjir,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Sarpras Pematusan DPUBMP Ahmad Idi Pratiknyo menerangkan, normaliasasi saluran itu dilakukan sebagai persiapan musim hujan. 

Pihaknya mengerahkan sekitar 60 petugas untuk mengerjakan pengurukan di brandgang Darmo Kali.

“Ini terdiri dari tiga grup, satu grupnya berisi sekitar 20 orang. Jadi, totalnya sekitar 60 petugas yang dikerahkan,” terangnya.

Ia menyebut, pengerukan dilakukan di 36 brandgang yang tersebar di wilayah surabaya. Brandgang tersebut terbagi ke dalam enam rayon. Dalam satu rayon terdapat enam brandgang. 

“Ini kita melakukan pengerukan di rayon Genteng, daerahnya ini saluran Darmo Kali. Aliran airnya menuju rumah pompa air Darmo Kali,” pungkasnya.