Program MBKM, UWP Berangkatkan 16 Mahasiswa ke Tujuh Universitas

 Rektor UWP Surabaya, Dr. Budi Endarto, SH, M.Hum/Ist
Rektor UWP Surabaya, Dr. Budi Endarto, SH, M.Hum/Ist

Melalui program Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi Universitas Wijaya Putra, memasuki tahun ajaran 2021-2022 ini, Universitas Wijaya Putra atau UWP memberangkatkan 16 mahasiswanya (outbound) untuk mengikuti perkuliahan di tujuh universitas. Di antaranya Universitas Pattimura, Universitas Negeri Makasar, Universitas Hasinuddin, dan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Bosowa, Universitas Pendidikan Nasional dan Universitas Halu Oleo selama satu semester.


"Setiap mahasiswa yang mengikuti program tersebut akan mendapatkan pembiayaan dari kementerian termasuk biaya hidup selama mengikuti program tersebut," kata Rektor UWP Surabaya, Dr. Budi Endarto, SH, M.Hum, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, usai pelepasan dan penerimaan pertukaran mahasiswa dengan penutupan Penggenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PEKKAM) UWP 2021, di Kampus Benowo, Sabtu (11/9).

Program ini, masih kata rektor, dilaksanakan dengan system full credit transfer yang artinya mahasiswa akan mendapatkan haknya memperoleh sistem alih kredit antar Perguruan Tinggi setara 20 SKS. 

"Artinya program kuliah di perguruan tinggi penerima akan diakui oleh perguruan tinggi asal mahasiswa setara dengan 20 SKS," jelasnya.

Disamping memberangkatkan mahasiswanya, sebaliknya UWP juga menerima sejumlah 16 (enam belas) mahasiswa (Inbound) yang berasal dari Universitas Pattimura, Universitas Nusa Cendana, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Negeri Makasar, Universitas Cokroaminoto Palopo, Universitas Hasanudin, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Bosowa, Universitas Pendidikan Nasional dan Universitas Halu Oleo yang juga akan mengikuti perkuliahan di kampus UWP selama satu semester. 

UWP juga menerima 46 mahasiswa yang akan mengikuti atau mengambil mata kuliah yang disajikan dari berbagai program studi di UWP. 

Mahasiswa tersebut berasal dari 20 Perguruan Tinggi “mitra” di antaranya Universitas Udayana, Universitas Jember, Universitas Negeri Medan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Sebelas Maret, Universitas Tadulako, Universitas Brawijaya, UPN Veteran Jawa Timur dan beberapa Perguruan Tinggi Lainnya.

Kelebihan dari program pertukaran mahasiswa dalam negeri lintas pulau ini selain mendapatkan ilmu pengetahuan,  mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman tentang arti penting kebinekaan di bumi nusantara serta dapat membentuk karakter sikap mahasiswa seperti menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kerpercayaan, pendapat,  lebih mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. 

Pengalaman ini yang tidak mungkin dapat diperoleh mahasiswa yang belajar hanya di perguruan tinggi dimana mereka terdaftar.