Satgas Covid-19 Kota Kediri Belum Berencana Kurangi Kapasitas Tempat Tidur Pasien Meski Sudah Masuk PPKM Level 1

dr Fauzan Adima - Jubir Satgas Covid 19 Kota Kediri/RMOLJatim
dr Fauzan Adima - Jubir Satgas Covid 19 Kota Kediri/RMOLJatim

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kediri belum berencana mengurangi kapasitas tempat tidur bagi pasien covid-19, meski saat ini Kota Kediri memasuki PPKM Level 1 dan angka penularan Covid-19 mulai menurun.


Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kediri dr. Fauzan Adima mengatakan, meskipun Kota Kediri memasuki PPKM Level 1 dan penurunan kasus memang terjadi, namun masih belum ada batas aman. Kapasitas tempat tidur masih tetap disediakan, seperti saat Kota Kediri berada di level 4 lalu, meskipun banyak Bed Occupancy Rate (BOR) isolasi yang kosong dan hanya terisi 7% - 12% saja. 

"Meskipun Kota Kediri sudah berada di Level 1, namun kita belum akan mengurangi kapasitas tempat tidur untuk pasien covid 19. Tempat tidur tetap kita sediakan seperti pada Level 4 lalu, meskipun saat ini BOR yang terisi hanya 7 hingga 12% saja," Kata Fauzan Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Minggu (18/9). 

Jika pandemi masih berlangsung di seluruh dunia, tidak akan ada batas aman. Bed kosong tidak akan dialokasikan ke ruang pasien umum, karena mengantisipasi ada lonjakan kasus baru. 

Selain itu, hasil asessment dari Kementrian Kesehatan, data per tanggal 17 September 2021, Kota Kediri sudah memasuki PPKM Level 1. Kota Kediri masuk Level 1 mengacu pada dua indikator utama yang mendasari data tersebut, yaitu, Transmisi Komunitas dan Kapasitas Respon. 

Transmisi Komunitas berisi 3 indikator, yaitu kasus baru, jumlah pasien rawat inap di rumah sakit, dan jumlah kemataian. Kemudian, Kapasitas Respon juga berisi 3 indikator, yaitu jumlah kasus testing, masyarakat yang dilakukan traccing, dan jumlah pasien yang dilakukan treatment dari tingkat keterisian BOR di rumah sakit. 

dr. Fauzan menambahkan, selain dilakukannya PPKM, vaksinasi terhadap masyarakat sangat berpengaruh terhadap pengurangan lonjakan kasus. Secara keseluruhan vaksinasi di Kota Kediri sudah mencapai 98,8% untuk tahap dosis pertama. 

Ditambah dengan vaksinasi terhadap pelajar dan usia lansia akan terus digencarkan. Masyarakat dihimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak melakukan euforia dengan masuknya Kota Kediri PPKM Level 1.