Bupati Jember Lantik Pejabat OPD Pemkab Jember, Dua Jabatan Kepala OPD Bergeser

Pelantikan pejabat struktural dan fungsional OPD Pemkab Jember di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember/Ist
Pelantikan pejabat struktural dan fungsional OPD Pemkab Jember di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember/Ist

Bupati Jember Hendy Siswanto melantik puluhan pejabat struktural dan fungsional pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Jember di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember, Jumat (24/9) malam.  


Pelantikan dilakukan 2 tahap. Pertama pelantikan 50 orang pejabat struktural dan yang kedua 76 orang pejabat fungsional secara luring bergantian.

Dari 50 pejabat struktural, 13 pejabat diantaranya adalah pejabat eselon 2, yang sebelumnya sudah menjabat kepala OPD sebagai Pelaksana tuga(Plt). 

Hanya saja ada pergeseran 2 jabatan Kepala OPD, yakni Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, yang sebelumnya dijabat Muhamad Jamil kini diisi Mantan Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) Bakesbangpol Jember, Sigit Akbari. 

Sedangkan jabatan Kepala Bakesbang diisi Edy Budi Susilo yang sebelumnya sebagai staf ahli. Sedangkan Muhammad Jamil berganti posisi sebagai staf ahli.

"13 pejabat eselon 2 sudah mengikuti uji kompetensi," kata Bupati Hendy saat melantik pejabat struktural dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Selain itu, bupati juga melantik pejabat eselon 3 dan Eselon 4 dengan jumlah totalnya 50 orang. 

"Ini adalah pejabat struktural. Setelah ini akan kita Lantik lagi pejabat fungsional ada  76 orang pejabat," katanya. 

Terkait pergeseran Plt Kepala BPBD, Muhammad Jamil naik ke staf ahli, Bupati Jember menjelaskan untuk pengembangan karir. 

"Beliau bisa mengembangkan karirnya disitu. Kita tukar posisi, biar sama-sama merasakan semuanya," terangnya. 

Untuk selanjutnya masih ada 18 jabatan eselon 2, yang masih harus dilakukan open bidding (lelang jabatan terbuka). Bupati berharap pingisian jabata tersebut, bisa segera selesai. 

"Target kami bukan Oktober ya. Bulan Oktober sudah selesai semuanya," imbuhnya. 

Dia meminta para pejabat baru yang sudah dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan tugas pokok dan fungsinya. Selain itu dia mengingatkan para pejabat untuk bekerja sesuai aturan yang berlaku, dan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hendy menambahkan, Senin (27/9) depan, Pemkab Jember akan mengirim Naskah Perubahan APBD 2021. Dengan terisinya jabatan eselon 2 yang sudah definitif ini. Hendy berharap rapat-rapat Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2021 sudah bisa dilakukan di semua OPD.