267 Peserta SKD CPNS Kabupaten Probolinggo, Pilih Absen

Suasana Tes SKD CPNS Kabupaten Probolinggo. /Ist
Suasana Tes SKD CPNS Kabupaten Probolinggo. /Ist

Sebanyak 267 orang peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dipastikan gugur.


Hal ini dikarenakan mereka tidak hadir pada saat pelaksanaan tes SKD yang dilaksanakan di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo selama 8 (delapan) hari mulai 21 hingga 27 September 2021.

Dari total 2.891 peserta tersebut, yang hadir sebanyak 2.624 orang, sehingga sisanya sebanyak 267 orang absen dan otomatis gugur. Jumlah ini merupakan akumulasi mulai hari pertama hingga ketujuh pelaksanaan tes SKD CPNS Tahun 2021.

Kabid Pengadaan Pemberhentian Data dan Informasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo, Amndika Martin Nugroho, mengatakan ribuan peserta tes CPNS tersebut memperebutkan kuota formasi yang diberikan kepada Pemkab Probolinggo sebanyak 382 orang.

“Peserta yang tidak hadir saat SKD secara otomatis dipastikan gugur dan untuk yang lolos akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan diambil 3 kali jumlah formasi yang memenuhi nilai pasinggrate berdasarkan rangking tertinggi,” jelas Amndika,  dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (28/9).

Amndika mengemukakan dalam pelaksanaan test SKD CPNS maupun PPPK Tahun 2021 ini, Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Kabupaten Probolinggo telah melakukan kesiapsiagaan secara maksimal. Selain untuk terciptanya pelayanan terbaik kepada seluruh peserta, juga mencegah penularan Covid-19 selama pelaksanaan seleksi CPNS.

“Secara umum, selama 8 (delapan) hari pelaksanaan test SKD yang kami kawal tahun ini berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Mudah-mudahan Kabupaten Probolinggo diberikan manusia-manusia terbaik, kompeten dan profesional sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan SKD tahun 2021 di lingkungan Pemkab Probolinggo diikuti oleh sebanyak 3.193 pelamar yang terdiri dari 2.891 pelamar untuk SKD CPNS dan 302 pelamar untuk Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru.

Setiap hari dibagi 3 sesi, kecuali Hari Jum’at hanya 2 sesi dengan peserta masing-masing sesi maksimal 150 orang.