Komunitas Lintas Agama Tebar Ratusan Ekor Ikan Patin

Aksi peduli Komunitas Lintas Agama dengan menebar benih ikan di Kali Banjir Kanal Semarang/ RMOL Jateng
Aksi peduli Komunitas Lintas Agama dengan menebar benih ikan di Kali Banjir Kanal Semarang/ RMOL Jateng

Komunitas Lintas Agama di Kota Semarang melakukan aksi kepedulian terhadap lingkungan dengan menebar 500 ekor anakan ikan patin di sungai Banjir Kanal Barat (BKB) tepatnya di Jalan Bojongsalaman, Semarang Barat.


Penebaran benih yang diikuti dari Persaudaraan Lintas Agama (Pelita), Generasi Muda FKUB Jawa Tengah, hingga Kongresi Susteran Penyelenggaam Ilahi, adalah salah satu bentuk menjaga dan melestarikan keseimbangan alam semesta. 

500 anakan ikan patin di dapat dari dermawan yang mengingkan ada ikan patin ditebar disungai.

Ketua Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang, Romo Eduardus Didik Cahyono SJ mengatakan tujuan dari penebaran ikan ini agar ikan tersebut bisa berkembang biak dan alam bisa lestari.

"Apalagi sebentar lagi, tepatnya 4 Oktober, dalam ajaran Gereja Katolik merupakan hari Fransiskus Asisi. Seorang tokoh yang memiki relasi dekat dengan alam ciptaan. Ia menjadi sosok yang diceritakan bisa berkomunikasi dengan tumbuhan, burung burung dan hewan hewan," kata Romo Didik, dilansir dari Kantor Berita RMOLJateng, Jumat (1/10).

Maka terkait hal tersebut, pihaknya menebarkan ikan disungai. Harapannya agar bisa melanjutkan semangat Fransiskus Asisi.

"Dengan penaburan benih ikan ini, kami berupaya turut melestarikan alam," ungkapnya.

Terkait dengan lokasi penebaran ikan, Romo Didik mengaku jika BKB adalah tempat yang ikonik bagi Kota Semarang. Selain itu BKB juga sangat berpengaruh bagi kehidupan warga Kota Semarang.

Sementara itu, Suster Leona SDP mengatakan jika pihaknya tak keberatan apabila ada warga yang menangkap ikan itu untuk makan sehari-hari.

"Kalau warga menangkap dengan sengaja, berarti mereka membutuhkannya. Kecuali kalau menangkapnya pakai jaring dan setrum itu jelas tak boleh," ungkapnya. 

Sekedar diketahui, penebaran ratusan ekor patin itu dilakukan pada Kamis (30/9) Sore.