Joyflight Penerbangan Cessna, Sensasi Melihat Pulau-Pulau dan Laut Jember dari Udara.

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Bupati Jember, H. Hendy Siswanto didampingi Kepala OPD melihat uji coba Joy Flight penerbangan pesawat Cessna di Bandara Notohadinegoro, Desa wirongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, Sabtu ( 2/10).


Joy flight ( penerbangan dengan suka cita, berputar-putar di wilayah Jember melihat pemandangan Jember seperti pulau Nusabarong, pemandangan pesisir laut  selatan Jember dan sebagainya dari udara) akan digelar setiap akhir pekan. Salah satu tujuannya memperkenalkan destinasi wisata Jember dan menghidupkan perekonomian Kabupaten Jember, yang sebelumnya terdampak covid 19. 

"Joy flight akan kita buat setiap Weekend Jumat - Minggu untuk Keliling kota Jember seperti Nusa Barong. Ini merupakan bagian dari wisata," ucap Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, saat konferensi pers, di Bandara Notohadinegoro Jember.  

 Kegiatan ini untuk masyarakat umum dan waktunya masih melihat animo masyarakat. Penerbangan ini masih dalam tahap ujicoba  oleh orang-orang Pemkab Jember. 

Pemkab harus memberi  contoh terlebih dahulu, sehingga warga juga berminat bagaimana sensasi melihat Jember seperti apa dari udara, bahwa Jember masih luas. Namun Joy flight ini tidak gratis, tapi berbayar.

"Memang untuk Joy flight ada biaya ya,  karena isinya cuma 3 orang, berempat sama pilotnya. Tadi sudah dicoba , melihat Nusa Barong dari atas," katanya.

 Selain itu, menurut dia, Pemerintah Kabupaten Jember sedang melakukan penjajakan untuk program pesawat kargo  rute Jember - Jakarta. Pemkab sudah mempersiapkan MoU terkait program pesawat Kargo rute Jember - Jakarta. Pihak pemilik pesawat, masih mengurus ijin operasional penerbangan Jember - Jakarta. 

"Harapan kedepannya, pesawat Kargo ini  bisa dimodifikasi untuk penumpang dan sebagian untuk kargo," katanya. 

Sementara Dirut Maskapai PT. Surya Air Cakrabirawa (SAC), Permadi Surya menjelaskan saat ini Pemkab Jember berkolaborasi untuk mempersiapkan Joyflight dan Flight Kargo yang masih baru di Jember. 

Dia menjelaskan Joy flight, melayani penerbangan untuk warga Jember,  bertujuan memperkenalkan destinasi wisata di Jember dengan durasi penerbangan 1 jam, tergantung cuaca. 

 Sedangkan untuk penerbangan kargo bisa datangkan pesawat, bisa mengangkut 7 ton per hari. Namun semuanya tergantung pasar yang ada. Selama ini pengiriman kargo Jember - Jakarta melalui jalur darat, dengan waktu tempuh cukup lama. 

Contohnya seperti pengusaha lobster ini, jasa pengiriman barang, melewati darat semua. 

"Nanti kita larikan ke transportasi udara, karena Pengiriman lebih cepat. Rencananya ke beberapa daerah, namun target kita Surabaya dan Jakarta,"ujar pemilik pesawat Cessna tersebut.

"Rencana kita secepatnya, mungkin satu bulan lagi, mulai beroperasi," sambungnya.


ikuti update rmoljatim di google news