Pemkot Kediri Siapkan Fasyankes, Antisipasi Covid-19 Gelombang Ketiga

Fasyankes disiapkan antisipasi lonjakan ketiga Covid-19/RMOLJatim
Fasyankes disiapkan antisipasi lonjakan ketiga Covid-19/RMOLJatim

Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri saat ini tengah mempersiapkan antisipasi gelombang ketiga Covid-19. Salah satunya dengan penguatan sarana prasarana Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes).


Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, beberapa langkah dilakukan untuk antisipasi adanya lonjakan kasus gelombang selanjutnya di Kota Kediri. Namun, Walikota berharap, hal tersebut dapat ditekan dengan dukungan masyarakat Kota Kediri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr. Fauzan Adima menyampaikan saat ini Fasyankes di Kota Kediri tengah mempersiapkan penguatan sarana prasarana pendukung penanganan Covid-19. Pihaknya juga tetap mempertahankan fasyankes untuk covid, dan belum dirubah untuk pasien umum. 

"Kita tetap menyiapkan tempat fasilitas pelayanan kesehatan, untuk berjaga-jaga jika ada lonjakan kasus Covid-19 lagi. Semoga, sudah tidak ada lagi lonjakan. Kalaupun terjadi lonjakan kita sudah siap dengan rumah sakit yang ada," Kata Fauzan kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Senin (4/10). 

Fauzan menambahkan, Dinas Kesehatan juga akan melakukan penambahan tempat tidur, fasilitas ICU, Isolasi dan penyediaan obat-obatan. Selain itu, penyediaan APD, swab antigen dan PCR juga sudah disiapkan. Penambahan tempat tidur nantinya akan menyesuaikan jumlah kasus yang ada di Kota Kediri. 

Mengenai langkah antisipasi ini, bahwa pandemi ini sudah ditetapkan sebagai bencana nasional. Sehingga dalam penanganan bencana, perencanaan persiapan menghadapi bencana menjadi sebuah keharusan.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Kediri, saat ini tersedia 331 bed isolasi yang terdapat pada 11 rumah sakit di Kota Kediri. Di antaranya terisi 14 bed atau kisaran 4% bed occupation rate.