Dukung Program Nasional, Pemkab Malang Terus Genjot Vaksin

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Mendukung program nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus genjot percepatan pelaksanaan vaksinasi. Hal itu disampaikan oleh Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M saat hadir dalam pelaksanaan vaksinasi tahap dua secara massal di Malang raya yang digelar Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah di Rumah Aspirasi Ahmad Basarah, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Selasa (12/10).


" Program vaksinasi merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo. Saat itu Presiden menyampaikan, saat rapat koordinasi Kepala Daerah se Jawa Timur  di Madiun. Saat bertemu Pak Presiden di Madiun, saya ditanya. Pak Bupati Malang kenapa kok bisa terlambat dan cepat saja. Saya membalas pertanyaan itu dengan jawaban karena masyarakat atau rakyatnya jumlahnya banyak Pak. Target kita 2 juta dari total 3 juta masyarakat di Kabupaten Malang. Alhamdulillah hari ini sudah 56% total masyarakat Kabupaten Malang tervaksin. Artinya sudah terlaksana 1.170.506 orang dari total target sebanyak 2.078.406 orang," ungkap Sanusi.

Bahkan, Sanusi menuturkan, bahwa Forkopimda dan seluruh pihak akan terus berupaya mempercepat dan menuntaskan pelaksanaan vaksinasi di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Karena vaksin  dianggap mampu menghambat dan menangkal persebaran virus Covid 19. 

" Tadinya, Persebaran Covid-19 terdapat penambahan kasus baru hingga tembus 500 orang dan yang meninggal mencapai 40 orang per-hari. Akan tetapi, sekarang sudah tidak ada lagi. Saya yakin, jika vaksinasi sudah mencapai 100%, bisa dipastikan tidak ada penularan lagi. Namun harus tetap menjalankan protokol kesehatan, salah satunya tetap menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan," tandasnya.

Sementara, Ahmad Basarah menyampaikan, kegiatan vaksinasi yang digelar ini sebagai perwujudan dari program vaksinasi yang diselenggarakan atas kerjasama Ketua DPR RI dengan Pemerintah Republik Indonesia terkait dalam upaya membantu pemerintah mempercepat terbentuknya Herd Immunity kelompok melalui program vaksinasi nasional.

 " Hal ini sesuai dengan perintah Undang-undang MD3, bahwa sebagai anggota DPR RI memiliki kwajiban untuk melaksanakan fungsi representasi yang digunakan untuk membawa program vaksinasi ke Dapil Malang Raya. Dan, kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama seluruh komponen dan Forkopimda Malang Raya sebagai wujud upaya mengatasi pandemi dan mempercepat proses vaksinasi nasional dengan cara gotong royong," papar Basarah.

Dalam kegiatan itu, disediakan 530 dosis vaksinasi di Rumah Aspirasi Ahmad Basarah bagi masyarakat umum. Kuota ini melengkapi target 10 ribu dosis vaksinasi yang disebar untuk masyarakat di wilayah Malang Raya meliputi Kabupaten Malang, Kota Batu dan Kota Malang.