Kadin dan Pemkab Gresik Luncurkan Mobil Vaksinasi

Kadin (Kamar Dagang dan Industri) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik meluncurkan mobil vaksinasi keliling untuk memaksimalkan program vaksinasi keseluruh masyarakat secara door to door di wilayah setempat.


Menurut Wakil Ketua Kadin Indonesia Joseph Pangalila bahwa peluncuran mobil vaksinasi merupakan salah satu program Kadin untuk perang melawan pandemi. 

"Program mobil vaksinasi ini adalah salah satu program Kadin Indonesia untuk berkolaborasi dalam usaha melakukan percepatan vaksinasi sehingga pencapaian herd immunity bisa tercapai," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (16/10).

Untuk program mobil vaksinasi keliling di Provinsi Jawa timur ini, lanjut Joseph merupakan Provinsi ke-6 dari 34 Provinsi yang ditargetkan. 

"Harapan kami dengan program jemput bola vaksinasi ini, semakin banyak warga yang bisa tervaksinasi secara gratis," tambahnya.

Senada juga disampaikan Ketua Kadin Gresik, Khoirul Rizal bahwa mobil vaksinasi keliling ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemkab Gresik dan Kadin

"Kami sangat apresiasi atas sinergi Pemkab Gresik dan Kadin Indonesia, untuk mengencarkan kegiatan vaksinasi agar masyarakat sehat sehingga kegiatan ekonomi bisa menggeliat kembali," ungkapnya.

Sementara Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan terima kasih atas sinergitas yang terbentuk baik antara Kadin Gresik hingga ke Kadin Indonesia, pemerintah Provinsi Jawa Timur dan khususnya Pemerintah Kabupaten Gresik. 

"Vaksinasi merupakan bentuk ikhtiar bersama, oleh karenanya dibutuhkan dukungan, support dan kekompakan bersama. Apalagi, saat ini sudah masanya vaksinasi masif. Yakni, masif di desa, masif secara door to door ke rumah tiap warga yang belum melakukan vaksinasi," katanya. 

"Angka vaksinasi di Gresik saat ini sudah mencapai 72 persen , ini menunjukkan semangat masyarakat untuk mewujudkan Gresik sehat sangat tinggi. Karenanya, dengan strategi baru kita ini maka percepatan target 100 persen vaksinasi akan bisa dimaksimalkan lagi," tegasnya.

Mobil vaksinasi keliling yang diluncurkan hari ini total ada 18 unit, untuk dibagikan kesetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik. Sehingga, kami harapkan mobil vaksinasi ini bisa melayani vaksinasi kepada masyarakat rentan. Seperti lansia, ibu hamil, ODGJ dan difabel," tandasnya.

Sedangkan untuk jadwal kegiatan vaksinasinya di tiap kelurahan atau desa, sambung Bupati nantinya akan diserahkan kepada tiap Camat yang akan berkoordinasi dengan unit puskesmas di masing - masing wilayahnya. 

"Jangan lupa, pandemi masih ada di sekitar kita. Oleh karenanya, tetap harus menjaga protokol kesehatan disamping mendapatkan vaksinasi," pungkasnya.