Lindungi Kawasan Industri dari Covid-19, SIER Gelar Vaksinasi Booster Kedua

Vaksinasi di kawasan industri SIER
Vaksinasi di kawasan industri SIER

Penyebaran Covid-19 di Indonesia memang sudah melandai. Namun pandemi belum benar-benar usai. Setiap hari masih ada laporan yang terpapar Covid-19, meski jumlahnya sangat terkendali.


Guna meningkatkan kekebalan tubuh terhadap paparan Covid-19, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) menggelar vaksinasi booster atau penguat vaksin Covid-19 pada, Jumat (17/2). Total ada 750 vaksin yang disediakan bagi karyawan SIER, karyawan tenant SIER, keluarga karyawan dan masyarakat umum.

Kepala Departemen TJSL SIER, Puspita Ernawati menuturkan, vaksinasi booster penting dilakukan di kawasan industri, karena lokasi ini memiliki potensi kerumunan orang yang tingi dan interaksi sosial yang intens. Sehingga meningkatkan risiko penyebaran Covid-19.

"Vaksinasi booster Covid-19 ini terselenggara berkat kerjasama antara Klinik SIER dengan Puskesmas Gunung Anyar. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Surabaya, khususnya kepada Wali Kota Surabaya Bapak Eri Cahyadi, yang telah membantu penyelenggaraan vaksinasi booster Covid-19 di SIER," ujar Puspita, saat dikonfirmasi, Sabtu (18/2).

Menurut Puspita, antusias karyawan dan masyarakat disekitar kawasan industri SIER untuk mengikuti vaksinasi booster sangat tinggi. Dari kuota 750 vaksin, hampir terpenuhi. Jenis vaksin yang digunakan adalah Pfizer.

"Vaksinasi ini digelar dalam rangka menyambut HUT SIER yang ke-49, sekaligus dalam rangka membantu menyukseskan program pemerintah untuk mempercepat vaksin booster kedua bagi masyarakat, terutama warga Surabaya dan sekitarnya," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT SIER, Didik Prasetiyono mengatakan, vaksin booster Covid-19 dapat membantu mengurangi risiko penyebaran virus di tempat kerja, dan melindungi karyawan dari infeksi yang lebih serius. Selain itu, juga membantu mengurangi jumlah kasus Covid-19, yang bisa mempengaruhi produktivitas karyawan.

"Fakta di lapangan, seorang karyawan di kawasan industri sering melakukan perjalanan antar kawasan industri bahkan antar negara untuk kepentingan bisnis. Dengan melakukan vaksin booster, para karyawan akan lebih terlindungi saat melakukan perjalanan dan bisa menekan rantai penularan Covid-19 di kawasan industri," jelasnya.

Oleh karena itu, Didik mengaku memberikan penekanan kepada perusahaan atau tenant di SIER, untuk memastikan bahwa para karyawannya telah divaksin lengkap dan melakukan vaksin booster secara teratur. 

"Kita bersyukur, selama pandemi Covid-19 SIER menjadi salah satu kawasan industri yang sangat patuh terhadap prokes (protokol kesehatan). Sesuai Arahan Presiden Jokowi yang mengingatkan kita untuk tetap terus waspada dan berhati-hati dalam menghadapi pandemi COVID-19. Meskipun kasus baru menurun, namun masih terdapat potensi penyebaran virus. Oleh karena itu, tetap dibutuhkan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian yang ketat untuk mengurangi risiko penyebaran virus termasuk diantaranya pelaksanaan vaksinasi booster lanjutan ini,” tandasnya.


Berita Sebelumnya

F1 H20