Sepanjang Tahun 2021, Hanya Ada Satu Kebakaran Di Lahan Kota Kediri

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Sepanjang tahun 2021, hanya ada 1 kasus kebakaran lahan di Kota Kediri, sama seperti tahun 2020 lalu. Hal ini karena, tingkat kesadaran masyarakat yang semakin tinggi. Begitu juga dengan kasus kebakaran bangunan, mengalami penurunan. 


Fanni Eryanto Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Kediri mengatakan, pada 2020 lalu, total penanganan ada 125 kasus yaitu 70 kebakaran dan 55 non kebakaran. Sementara per September 2021, petugas menangani total sebanyak 128 kasus.

Diantaranya, 16 kasus kebakaran, 112 lainnya non kebakaran. Sedangkan kebakaran lahan hanya ada 1, sisanya didominasi kebakaran bangunan akibat kebocoran gas dan korsleting listrik. 

"Tahun 2021 ini, memang hanya ada 1 kasus kebakaran lahan di Kota Kediri. Sedangkan Per Bulan September 2021, peristiwa kebakaran ada 128 kasus. Kami selalu menghimbau pada masyarakat agar selalu waspada dan tidak ceroboh saat membuang puntung rokok, serta meneliti kompor, saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong," Kata Fanni Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Selasa (26/10). 

Fanni menambahkan, langkah awal penanganan kebakaran yang harus diketahui masyarakat yaitu tenang, tidak panik. Kemudian memadamkan api menggunakan kain basah. Jika kobaran api tidak bisa dikendalikan, masyarakat diminta langsung menginformasikan ke petugas Pemadam Kebakaran.