Bertemu Koster, Dubes Vietnam Puji Penanganan Covid-19 di Bali

foto/net
foto/net

Vietnam telah lama menjalin kerja sama dan persaudaraan dengan Indonesia. Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, Pham Vinh Quang, mengungkapkan bahwa kerja sama itu dimulai pada era Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno.


Dalam pertemuannya dengan Gubernur Bali Wayan Koster, Pham Vinh Quang berkesempatan menyerahkan buku berjudul President Ho Chi Minh’s Visit to Indonesia, di mana di dalamnya tertuang catatan sejarah hubungan kedua negara.

Buku itu dipersembahkan untuk Koster sebagai oleh-oleh dan pengingat bahwa dua negara memiliki sejarah panjang dalam hubungan persaudaraannya.

Kunjungan Pham Vinh Quang ke Bali selain untuk bersilaturahmi juga ingin mengetahui perkembangan penanganan pandemi dan kemungkinan dibukanya pintu wisata bagi pengunjung Vietnam.  

Koster menyambut kunjungan Dubes di Jayasabha, Denpasar, pada Jumat (29/10). Keduanya berbincang hangat seputar kerja sama dalam sektor pariwisata.

Koster kemudian menyampaikan perkembangan Covid-19 di Bali yang sudah cukup baik, melandai, dan mulai stabil. Jumlah pasien sembuh telah mendekati angka lebih dari 90 persen.

Vaksinasi juga  berjalan dengan baik. Pemprov Bali telah melakukan vaksinasi 85 persen.

"Sejak 2 bulan lalu, wisatawan domestik sudah berdatangan, sementara perkembangan kasus Covid-nya tetap stabil. Pelancong domestik sudah mencapai angka puluhan ribu," terang Koster dalam keterangan yang diperolah dari situs resmi Pemprov Bali.

Berdasarkan perkembangan vaksinasi yang tinggi dan angka kasus Covid yang menurun, Pemprov Bali memberanikan diri membuka pariwisata mancanegara sejak 14 Oktober 2021 yang lalu atas persetujuan Pemerintah Pusat, menurut Koster.

Sementara ini ada 19 negara yang diperbolehkan masuk Indonesia, khususnya Bali. Namun, untuk Vietnam masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut.

Koster mengatakan akan segera menjalin komunikasi dengan jajaran terkait, seperti Menteri Luar Negeri, Menkumham, Menteri Perhubungan, dan Menteri Pariwisata, agar pelancong Vietnam sudah diperbolehkan berwisata ke Indonesia, termasuk Bali.