Antisipasi Banjir Bandang, PLt Bupati Probolinggo Sidak Kantor BPBD

Plt Bupati Probolinggo saat di penyimpanan sarana dan prasarana. /Ist
Plt Bupati Probolinggo saat di penyimpanan sarana dan prasarana. /Ist

Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengecek kesiapan sarana prasarana (sarpras) penanganan bencana alam di Kantor BPBD Kabupaten Probolinggo. Sarana yang dicek olehnya seperti perahu karet resque untuk mengatasi bencana banjir di musim penghujan.


“Pengecekan segala sarana prasarana ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi segala bencana akibat cuaca ekstrem fenomena La Nina. Semua ini dilakukan untuk mencegah dampak buruk bahaya hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang akibat fenomena La Nina,” kata Timbul, seperti dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Jum'at (5/11).

Timbul menegaskan, kalau BPBD Kabupaten Probolinggo harus selalu siap siaga dan segala penanganannya terhadap fenomena La Nina. Dimana La Nina ini merupakan anomali iklim global yang dapat memicu peningkatan curah hujan hingga terjadinya bencana hidrometeorologi. 

“Selalu lakukan komunikasi dengan OPD dan lintas sektoral agar penanganan di lokasi tertangani secara cepat,” tegasnya.

Menurutnya, pengecekan ini sangat penting dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan ketersediaan sarpras yang ada di BPBD. Apakah benar-benar siap dan apa kekurangan yang menjadi kendalanya.

“Karena bencana itu tidak direncanakan dan bencana bisa terjadi sewaktu-waktu. BPBD Kabupaten Probolinggo harus siap menangani jika sewaktu-waktu bencana terjadi,” ungkapnya.

Sementara Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo menambahkan, BPBD Kabupaten Probolinggo siap untuk menangani kebencanaan. Informasi yang diterima dari Provinsi Jawa Timur tentang bahaya fenomena La Nina.

“Semua sarana dan prasarana BPBD Kabupaten Probolinggo sudah disiapkan untuk menghadapi apabila sewaktu-waktu terjadinya bencana di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.