PKS Bakal Beri Prioritas Milenial Daftar Caleg Pemilu 2024

Launching pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) muda PKS di Kota Magelang, Jawa Tengah, Minggu (7/11)/RMOLJateng
Launching pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) muda PKS di Kota Magelang, Jawa Tengah, Minggu (7/11)/RMOLJateng

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) serius untuk memberi kesempatan anak muda dalam kancah politik. PKS menilai kreativitas serta semangat yang dimiliki anak muda sangat diperlukan dalam upaya pembangunan bangsa saat ini.


Hal itu disampaikan oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, dalam acara launching pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) muda PKS di Kota Magelang, Jawa Tengah, Minggu (7/11).

"Kami melihat bahwa kreativitas anak muda sangat diperlukan dalam memecahkan solusi kebangsaan. Sehingga banyak pos-pos politik yang sudah seharusnya diisi anak muda. Untuk itu PKS membuka kesempatan tersebut melalui pendaftaran caleg muda,” ucap Ahmad Syaikhu, dikutip Kantor Berita RMOLJateng (7/11).

Ia menambahkan, berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, diprediksi usia produktif kembali mendominasi pada Pemilu 2024 dengan jumlah 191.570.000 penduduk atau 67,9% dari total penduduk. Di mana sekitar 85 juta penduduk merupakan usia 17-35 tahun.

Karena itu, ia menilai bahwa pemilih muda cenderung akan memilih wakil rakyat yang mampu mewakili ide-ide serta kreativitas anak muda, atau bahkan mewakili generasinya. Sehingga perlu kiranya PKS melibatkan anak muda dalam Pemilu 2024 nanti.

"Dengan banyaknya anak muda yang terlibat, bahkan duduk di kursi legislatif maka diharapkan proses demokrasi dan pemerintahan kita ke depan akan memiliki wajah-wajah dan ide baru yang lebih fresh,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Jawa Tengah, Muh Haris, menargetkan komposisi caleg muda sebanyak 15% dari total caleg PKS di Jateng dan sebagai bentuk keseriusan maka beberapa caleg muda akan mendapatkan prioritas dalam pencalonan ke depan.

"Bentuk komitmen kami adalah akan memberikan nomor prioritas kepada beberapa caleg muda. Karena menurut kami anak muda bukan hanya sebagai alat penggaet suara, tetapi adalah wakil dari generasi muda itu sendiri,” tuturnya.

Lanjut Haris, keterlibatan anak muda di PKS bukan semata-mata mendekati pemilu saja. PKS Jateng sendiri sudah membentuk komunitas-komunitas kecil berbasis hobi yang mayoritas diisi oleh anak muda.

"Keterlibatan anak muda di PKS dirintis sejak lama, kami sudah membentuk komunitas anak muda berbasis hobi seperti PKS Art, PKS TV, Relawan Literasi dan lain sebagainya. Namun sekarang kita buka lebih luas lagi terutama untuk anak muda yang memang ingin terjun langsung ke politik dan membuka kesempatan tersebut melalui pendaftaran caleg muda,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut dilaunching juga secara simbolis pendaftaran caleg muda yang dihadiri oleh Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS, Gamal Albinsaid; anggota legislatif DPRD Jawa Tengah Fraksi PKS, serta Ketua BIdang kepemudaan DPW PKS Ashim Adzdzorif.