Dua Desa di Kabupaten Probolinggo Terbanyak Daftar Pilkades

Panitia Pilkades Desa Kalisalam Kecamatan Dringu saat menerima pendaftaran Bacakades/RMOLJatim
Panitia Pilkades Desa Kalisalam Kecamatan Dringu saat menerima pendaftaran Bacakades/RMOLJatim

Dua desa di Kabupaten Probolinggo, saat ini tercatat sebagai desa dengan Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) terbanyak dari 253 desa. Dua desa itu ialah Desa Brani Wetan Kecamatan Maron dan Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces.


Berdasarkan data dari Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Desa Brani Wetan Kecamatan Maron tercatat ada 11 pendaftar Bacakades dan Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces tercatat ada 11 Bacakades.

"Untuk saat ini ada 2 desa yang terbanyak Bacakadesnya di Desa Brani Wetan dan Desa Sumberkedawung," jelas Kepala Bidang Penataan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Nur Rahmad Soleh, Rabu (10/11).

Menurutnya, Bacakades yang banyak mendaftarkan diri tersebut nantinya akan dilakukan seleksi dan saat ini panitia Pilkades masih fokus pada verivikasi atau Dokumen Bacakades selama 20 hari kedepan.

"Masih Fokus untuk verifikasinya. Sehingga, kalau sudah dinyatakan sah berkasnya baru dilakukan seleksi sebagai bahan penetapan Cakades," paparnya.

Rahmat mewanti-wanti panitia untuk cermat dalam proses verifikasi dan validasi dokumen bakal calon kepala desa (Bacakades).

"Panitia Pilkades harus cermat betul tentang verivikasi ini," ungkap dia.

Panitia Pilkades masih kata mantan ajudan wakil Bupati Probolinggo ini, hanya bertugas mengecek kebenaran dokumen pada instansi yang berwenang. Bukan untuk menguji keabsahan dokumen yang disertakan dalam pendaftaran.

“Panitia tidak berhak menilai apakah dokumen itu palsu atau tidak. Sebab itu sudah menjadi ranah dari instansi yang mengeluarkan dokumen tersebut atau pengadilan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Pilkades di Kabupaten Probolinggo akan diikuti oleh 253 Desa dan pemilihan akan dilakukan pada 17 Februari 2022.