Seri 3, Peserta Tour de Borobudur 2021 Ditantang Jalur Basah Hingga Tanjakan Ekstrem

Foto/RMOLJateng
Foto/RMOLJateng

Kegiatan bersepeda terbesar di Jawa Tengah, Bank Jateng Tour de Borobudur 2021 Seri-3 kembali digelar Minggu (14/11).


Mengawali start di Kantor Bank Jateng, Jalan Pemuda Semarang, para goweser akan menempuh jarak 124 km menuju Candi Borobudur.

Start dimulai tepat pukul 05.30 WIB dan dilepas langsung istri Gubernur Ganjar Pranowo, Siti Atikoh. Total sekira ada 100 pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia yang jajal rute baru Bank Jateng Tour de Borobudur kali ini.

Uniknya, dalam event kali ini para peserta dihadapkan dengan jalur basah usai Semarang dan sejumlah wilayah yang dilalui peserta diguyur hujan hingga dini hari tadi.

"Cukup menantang saya rasa. Apalagi jalurnya banyak di pegunungan dan pedesaan. Pasti Indah meski butuh usaha melewatinya," ucap salah satu peserta Lo Tik Yong, dilansir dari Kantor Berita RMOLJateng

Pesepeda yang akrab di sapa Ko Chay ini pun mengaku melakukan sejumlah persiapan sebelum tour dimulai. Salah satunya yakni menyesuaikan tekanan ban untuk kondisi basah.

Sementara itu, Ketua Panitia Bank Jateng Tour de Borobudur 2021, Hendra Dharmanto mengatakan di seri ke-3 ini rute yang di ambil merupakan rute baru hasil modifikasi rute di tahun 2017.

Para pesepeda akan melewati rute Semarang, Kendal, Sumowono, Temanggung hingga Borobudur Magelang.

"Yang menantang tentu saja tanjakan Sumowono. Apalagi ini jalurnya basah pasti menuntut para peserta untuk tetap fokus ," kata Hendra sebelum start. 

Ditambahkan Hendra, dalam seri tiga kali ini para pesepeda hanya akan menjalani funbike tanpa ada kompetisi seperti seri sebelumnya.

"Tanggal 21 nanti ada seri ke 4. Jalur baru juga. Lebih banyak di Temanggung. Yang pati gowes sekalian wisata," tambah Hendra.