Tiga Arca Peninggalan Purbakala Ditemukan Warga Lereng Argopuro

Perangkat Desa Kaliacar Kecamatan Gading saat melihat tiga arca/RMOLJatim
Perangkat Desa Kaliacar Kecamatan Gading saat melihat tiga arca/RMOLJatim

Tiga arca peninggalan purbakala ditemukan warga Desa Kaliacar, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Arca yang menyerupai monyet itu ditemukan pertama oleh Jamal di Kalirondoningo atau lereng Argopuro.


“Ditemukan sudah sekitar setahun yang lalu. Jarak antar arcanya sekitar 50 meter. Cuma baru hari ini (Senin, red) saya kepikiran untuk melaporkannya ke desa,” kata Jamal, seperti dikutip Kantor Berita RMOL, Senin (15/11).

Menurutnya, arca tersebut tidak sengaja ia temukan saat ia mencari batu sungai untuk pembangunan rumahnya.  Bahkan, untuk arca pertama, kedua, dan ketiga, ia temukan di hari yang berbeda.

"Sengaja cari ke seberang sungai di sisi selatannya, karena sungai ini aslinya di sana (lokasi peneuan arca, red), namun karena ada banjir alirannya berpindah. Pada saat itulah saya menemukan arca ini,” ujarnya.

Menyadari arca tersebut merupakan peninggalan sejarah, ia pun memutuskan untuk memindahkannya ke depan rumahnya. 

“Langsung saya pindah saat menemukan itu, khawatir rusak kalau tidak terawat,” paparnya.

Selanjutnya, Jamal memasrahkan penemuannya tiga arca tersebut kepada pemerintah desa setempat. Ia pun ikhlas memberikan arca itu kepada pemerintah desa agar dapat dilestarikan dan diungkap latar belakang sejarahnya.

“Terserah desa, mau dibawa ke kantor desa ataupun ke museum silakan, yag penting dirawat, karena ini merupakan salah satu kekayaan sejarah kita,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Perangkat Desa Kaliacar, Syamsul Arifin mengaku akan melanjutkan laporan penemuan 3 arca itu kepada pihak kecamatan untuk selanjutkan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah terkait pemeliharaannya.

“Dari kecamatan nanti terserah, apa mau dilaporkan dulu ke dinas kebudayaan, atau langsung ke BPCB (Badan Pelestarian Cagar Budaya) Jawa Timur. Yang jelas untuk saat ini pihak desa akan membantu merawat,” pungkasnya.