Tingkatkan Keterampilan Berfikir dan Mandiri Siswa, Kadisdikbud Buka Kegiatan Guru Penggerak

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana SE MM saat Memberikan Sambutan/Ist
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana SE MM saat Memberikan Sambutan/Ist

Meningkatkan keterampilan berfikir dan siswa mandiri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana SE MM membuka kegiatan Rencana Tindak Lanjut (RTL) Guru Penggerak (GP) angkatan pertama dan Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) Calon Kepala Sekolah (CKS) diruang serbaguna SMP Negeri 6 pada beberapa waktu lalu.


Dalam kegiatan tersebut, Suwarjana juga menyampaikan tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya komitment,  baik itu orang tua siswa, guru dan pihak- pihak terkait. 

"Kegiatan ini tujuannya memberikan yang terbaik bagi peningkatan kualitas pembelajaran serta pendidikan di Kota Malang, maka dari itu kami mengucapkan terimakasih terhadap orang tua murid, guru dan pihak terkait. Kegiatan tersebut  tidak akan terlaksana dan berjalan dengan baik tanpa adanya komitment, dan niat yang tulus," ujarnya, Selasa (16/11).

Bahkan, Suwarjana menegaskan, sebagai Abdi Negara, baik itu PNS, P3K, GTT ataupun PTT adalah pelayan. Setiap pelayan pasti memiliki majikan yaitu masyarakat yang merupakan orang tua siswa-siswi Kota Malang. Sehingga wajib untuk melayani dengan baik, penuh keramahan dan tetap berpijak pada peraturan yang berlaku.

"Guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru(dipercaya dan patut untuk dituruti perkataannya) serta sosok yang ditiru (perbuatan, perilaku dan tindak tanduknya). Setiap proses belajar mengajar, para guru harus menyelipkan nilai-nilai luhur dan tauladan yang dapat diimplementasikan. Sehingga para guru harus mampu memberikan contoh maupun tindakan nyata," paparnya. 

Sebelumnya, dalam pemaparan materi mengenai Rencana Tindak Lanjut, Guru Penggerak angkatan pertama disampaikan oleh Daffi Rosyiduddin, S.Pd. Sedangkan untuk paparan materi berkenaan dengan Rencana Proyek Kepemimpinan  Diklat CKS Tahap II Kota Malang oleh Sedyawati, S.Pd.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana SE MM Beserta Para Peserta/Ist

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 6 Malang Risna Widyawati, S.Pd mengatakan, kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk In House Training (IHT).  

"Dengan begitu mengambil tema Peningkatan Ketrampilan Berpikir dan Bertindak Mandiri Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi diharapkan dapat diterima dengan mudah, " pungkasnya.[adv]