Semarang Kembali Sabet Predikat Kota Sehat Tertinggi Swastisaba Wistara

Foto/RMOLJateng
Foto/RMOLJateng

Upaya pemerintah Kota Semarang dalam mewujudkan pelayanan kesehatan menyeluruh kepada masyarakat memperoleh apresiasi dari Pemerintah pusat.


Kota Semarang berhasil mempertahankan penghargaan kategori tertinggi Swasti Saba Wistara Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021. Sebelumnya kota Semarang juga memperoleh penghargaan yang sama pada tahun 2019.

Predikat tersebut didapatkan setelah Kota Semarang berhasil mewujudkan 6 tatanan dalam penataan kota, yaitu kawasan wisata yang sehat, permukiman yang sehat, ketahanan pangan, gizi, tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, masyarakat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Penghargaan ini menjadi penyemangat sekaligus wujud komitmen Pemerintah Kota Semarang untuk terus mewujudkan Kota Sehat di Kota Semarang. Usai penyerahan penghargaan tersebut, Ketua Forum Kota Sehat Krisseptiana Hendrar Prihadi,  mengatakan jika melalui semboyan “Waras Wargane, Sehat Kuthone” kami Bergerak Bersama menjadikan kota ini bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni seluruh warga.

"Secara bertahap Kota Semarang berhasil meraih Swasti Saba Padapa (tahun 2015), Swasti Saba Wiwerda (2017), Swasti Saba Wistara (2019) dan pada tahun 2021 ini berhasil mempertahankan raihan Swasti Saba Wistara sebagai capaian tertinggi penyelenggaraan Kota Sehat di Indonesia," kata Tia, dilansir dari Kantor Berita RMOLJateng, Jumat, (19/11).

Sejak pencanangan Kota Semarang menuju Kota Sehat tanggal 14 Mei 2014 lalu, Tia Hendi panggilan akrabnya meyakini bahwa langkah ini menjadi sebuah pendekatan komprehensif dalam mewujudkan lingkungan perkotaan yang lebih sehat sekaligus solusi atas berbagai problematika khas perkotaan, seperti kepadatan penduduk dan kesemrawutan, permasalahan sanitasi dan ketersediaan air bersih, transportasi dan mobilisasi, polusi, produksi energi dan limbah domestik, hingga pengangguran, kriminalitas, dan lainnya.

"Kota Sehat bukanlah lomba dan meraih Swasti Saba Wistara bukanlah tujuan akhir, namun implementasi Kota Sehat harus terus menjadi “gaya hidup” dari Pemerintah dan masyarakat Kota Semarang,” ungkapnya..

Pemerintah Kota Semarang dalam rangka mewujudkan Kota Sehat mempunyai kegiatan unggulan yaitu Rating Kelurahan Sehat, yang akan dilaksanakan sebagai komitmen untuk mengimplementasikan Kota Sehat di 177 Kelurahan se-Kota Semarang secara berkelanjutan.