Polres Jember Siapkan 1.468 Personil Amankan Pilkades Serentak 

Personil Polri yang disiapkan untuk amankan Pilkades serentak di Kabupaten Jember/Ist
Personil Polri yang disiapkan untuk amankan Pilkades serentak di Kabupaten Jember/Ist

Sebanyak 1.468 personil Polri akan diterjunkan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 59 desa yang tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Jember pada 25 November 2021 Mendatang. 


Tentunya personil yang dilibatkan mulai Satbrimobda, Ditsamapta Polda Jatim dan delapan Polres jajaran Polda Jatim.

"Kedelapan Polres yaitu Polres Lumajang, Polres Situbondo, Polres Probolinggo, Polres Probolinggo Kota, Polres Bondowoso, Polres Pasuruan dan Polresta Banyuwangi dengan total keseluruhan 1.468  personil Polri. Selain itu ditambah dengan personil TNI dan Satpol PP kabupaten jember serta Linmas," kata Kabag Ops Polres Jember, Kompol Agus Supariono, Senin (22/11).

Pengerahan personel pengamanan dengan sejumlah tersebut, untuk menjamin pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman dan lancar. 

Selain itu, pengamanan ini sebagai upaya pengendalian massa dan antisipasi kerumunan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Karena pelaksanaan pemilihan masih di tengah suasana pandemi Covid-19. 

Ditambahkannya, jumlah penguatan personel pengamanan TPS sebanyak 532 personel terdiri 142 berasal dari Polres dan 390 dari polsek. Polres melibatkan fungsi Satreskrim sebagai team penindak apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dan memproses lebih lanjut, serta didukung oleh team alap-alap Satsamapta Polres Jember.

Sementara Bupati Jember, Hendy Siswanto mengapresiasi persiapan pengamanan oleh Polres Jember bersama Kodim 0824/Jember. Menurutnya, segala sesuatu untuk mengantisipasi kerawanan saat Pilkades sudah dilakukan.

"Pak Kapolres Jember dan pak Dandim sudah siap, tinggal menunggu surat ijin dari Kemendagri," katanya. 

Diketahui, jumlah Pilkades serentak 59 desa di Kabupaten Jember diikuti 214 calon kades yabg terdiri dari 190 calon kades laki-laki dan 24 calon kades perempuan.  

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 494.492 pemilih. Terbagi dalam 905 TPS dengan kekuatan panitia sebanyak 541 orang.  Jumlah Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 8.145. Dan jumlah penyelenggara 8.686 orang.