Ke SPBU, Erick Tohir Kaget Toilet Umum Bayar

Erick Thohir saat ngobrol dengan petugas toilet. /Ist
Erick Thohir saat ngobrol dengan petugas toilet. /Ist

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan pengecekan kepada fasilitas umum di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), di kawasan Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo.


Ada salah satu fasilitas yang menjadi perhatian Erick ialah toilet umum. Dia menemukan, toilet SPBU yang seharusnya bisa dinikmati pengunjung secara gratis ternyata berbayar. Hal ini diketahui lewat perbincangannya dengan salah satu pekerja di toilet SPBU, yang direkam dan diunggah di akun Instagram resminya @erickthohir. 

"Ini pom bensin swasta? Terus sama yang punya dikontrak, yang mau pakai bayar Rp2.000, yang buang air dan mandi bayar Rp4.000?" tanya Erick, dijawab anggukan pekerja yang tidak diketahui namanya tersebut, seperti dikutip Kantor Berita RMOL Jatim.

Erick lanjut bertanya pada pegawai tersebut, kenapa toilet ini berbayar. "Saya nggak tahu, pak, saya cuma bekerja," ujarnya. 

Erick lantas menanyakan pemilik SPBU tersebut. Sang pekerja menjawab, pom bensin itu dimiliki oleh seseorang bernama Agus. "Yaudah, nanti ditelepon yang punya. Kok, masih bayar toilet, kan udah bisnis bensin," katanya. 

Menindaklanjuti hal ini, Erick menginstruksikan kepada jajaran direksi Pertamina agar menjadikan toilet umum sebagai fasilitas gratis di SPBU. 

Erick menyayangkan sikap Pertamina yang masih ambil untung padahal sudah berjualan bensin dan membuka gerai di sana. 

"Saya minta direksi Pertamina, ini diperbaiki. Dan saya minta, kerjasama dengan pom bensin swasta, toiletnya juga nggak boleh bayar. Harus gratis," pungkasnya.