Satgas Banyuwangi Meminta Masyarakat Waspada Gelombang Ketiga Covid

Bupati Ipuk sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Banyuwangi meminta masyarakat mewaspadai prediksi terjadinya gelombang ketiga Covid-19/ist
Bupati Ipuk sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Banyuwangi meminta masyarakat mewaspadai prediksi terjadinya gelombang ketiga Covid-19/ist

Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi meminta kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai prediksi terjadinya gelombang ketiga virus corona.


Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengaku telah memerintahkan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah melakukan pengawalan di 1 kecamatan. Setiap 1 SKPD diharuskan untuk mengawal pelaksanaan protokol kesehatan di 1 kecamatan.

"Kami sudah berbagi tugas, seluruh SKPD mendapatkan tugas untuk mengawal 1 kecamatan, tidak hanya mengawal vaksinasi tapi juga mengawal prokesnya," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (24/11).

"Untuk 3T (testing, treatment, tracing) kita juga minta untuk di tingkatkan," imbuh Ketua Satgas Covid-19 itu.

Hal itu, dilakukan untuk mewaspadai akan terjadinya gelombang ketiga covid. Yang dikhawatirkan dapat kembali melonjak bila dalam kegiatan di masyarakat tidak memperhatikan prokes lagi. 

"Karena saat ini kegiatan-kegiatan masyarakat sudah cukup banyak. Saya juga lihat di medsos jaranan heboh. Maka ini, kita juga harus antisipasi dan nantinya edukasi kepada masyarakat dan sosialisasi," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono mengatakan capaian angka vaksinasi dosis pertama telah mencapai 76,85 persen. Sedangkan vaksinasi lansia mencapai 68,87 persen.

"Tapi kita tetap meminta masyarakat untuk waspada," ujar Jubir Satgas Covid-19 Banyuwangi itu.

Saat ini, dr Rio menambahkan, posisi Banyuwangi berada di level 2. Maka, seluruh kegiatan masyarakat juga menyesuaikan dengan aturan-aturan level 2.

"Akan tetapi dari assessment kita, alhamdulillah kita sudah berhasil memenuhi kriteria atau persyaratan untuk masuk level 1. Tinggal menunggu pengumuman dari Kemenko Marves yang akan dituangkan di dalam Inmendagri soal level PPKM. Insyaallah kita masuk level 1," tukasnya.