Polres Jember Lakukan Serpas Jelang Pilkades Serentak 

Pelaksanaan Serpas di JSG Ajung Kabupaten Jember, dipimpin Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin/Ist
Pelaksanaan Serpas di JSG Ajung Kabupaten Jember, dipimpin Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin/Ist

Untuk menjamin Kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 59 Desa di Kabupaten Jember, Polres Jember  melakukan Serpas (penggeseran dan pengecekan pasukan) dan pengecekan anggota, Rabu (24/11). 


Apel Serpas ini dipimpin langsung Kapolres Jember, AKBP Arif Rachman Arifin di halaman stadion Jember Sport Garden (JSG) Ajung, diikuti oleh PJU Polres Jember dan Kapolsek Jajaran yang di tempatnya digelar pilkades. 

Khusus daerah masuk peta rawan konflik, Polres Jember perkuat pengamanan dengan menempatkan pasukan Brimob Polda Jatim. Langkah ini untuk memastikan pelaksanaan pilkades serentak di 59 Desa di kabupaten Jember, berjalan lancar aman dan Kondusif. 

Dalam arahannya, Kapolres Jember, AKBP Arif Rachman Arifin, meminta peserta apel tidak hanya memperhatikan daerah rawan konflik, tapi juga daerah rawan bencana alam, seperti bencana banjir, tanah longsor serta angin puting beliung. 

"Sekarang di Jember juga menghadapi musim hujan dengan intensitas cukup tinggi. Ini akan berpengaruh kepada anggota, yang PAM TPS, karena dari beberapa TPS ini tidak mengantisipasi bila terjadi hujan yang sangat deras pada saat pelaksanaan pencoblosan," kata AKBP Arif Rachman.

"Ini tolong dipahami dengan baik, apa yang harus dilakukan ketika terjadi hujan yang sangat deras, sehingga mengakibatkan waktu pelaksanaan di TPS tersebut mundur atau perpindahan tolong anggota cek dan koordinasi dengan baik bersama panitia maupun Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat," sambungnya. 

Sementara Kapolsek Ledokombo Polres Jember, Iptu Setyono Budhi S. menjelaskan sudah siap mengamankan pelaksanaan Pilkades di desanya, sesuai petunjuk Kapolres Jember. Pihaknya sudah melakukan pengawalan, mulai dari pergeseran logistik, berupa surat suara dan kotak suara dan ATK Lainnya. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Muspika dan panitia pilkades di dua desa, yakni Desa Slateng dan Desa Sukogidri, terkait pengamanan logistik dan PAM TPS,"katanya.

Dia menjelaskan, bantuan Personel termasuk pasukan Brimob sudah berada di Polsek Ledokombo.  

Sebelumnya, sebanyak 1.468 personil Polri akan diterjunkan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 59 desa yang tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Jember pada 25 November 2021 mendatang.