Bangkitkan Pagelaran Seni, Singo Ulung Kembali Tampil di Kawah Wurung Bondowoso

Singo Ulung saat tampil di kawah wurung/ist
Singo Ulung saat tampil di kawah wurung/ist

Geliat seni budaya Bondowoso lambat laun semakin nyata bangkit dengan digelarnya beberapa pertunjukan. Salah satunya tari tradisional Singo Ulung digelar di alam terbuka kawah wurung, Kecamatan Ijen, Minggu (28/11).


Acara yang diinisiasi oleh Padepokan Gemabuana dan di dukung serta difasilitasi beberapa pihak terkait termasuk Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso berlangsung sukses.

Kepala Disparpora Bondowoso, Mulyadi mengatakan, gelaran yang bertajuk selamatan atau rokatan singo ulung tersebut difasilitasi untuk digelar di kawasan wisata alam kawah wurung oleh Disparpora.

"Serta kami mendukung teknis di lapangan. Bahwa kegiatan seni budaya tetap bisa digelar saat ini dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada,” ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Meskipun digelar di alam terbuka, pihaknya tetap berlakukan prokes ketat untuk jumlah penonton yang hadir agar tidak berkerumun. Serta dengan durasi waktu yang cukup singkat yakni pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB.

“Sebenarnya pagelaran tersebut juga menjadi titik balik. Apalagi digelar secara offline dan daring melalui channel YouTube,” sambungnya.

Mulyadi juga menyebut, pertunjukan seni budaya juga dapat menjadi titik balik bagi para pegiat seni dan budayawan. 

"Agar dapat kembali mulai berkarya dengan cara bisa tampil lagi. Agar mereka bisa kembali produktif lagi,” pungkasnya.