Pemkab Malang Raih Penghargaan Kategori Penyedia Informasi Terbaik di Jatim

Wakil Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, S.H., M.H bersama Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Drs. M. Nur Fuad Fauzi, M. T saat Daring/Ist
Wakil Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, S.H., M.H bersama Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Drs. M. Nur Fuad Fauzi, M. T saat Daring/Ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berhasil meraih penghargaan kategori Penyedia Informasi Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik "KI Awards" tahun 2021.


Penghargaan tersebut didapatkan oleh Pemkab Malang, karena dianggap mampu menyajikan informasi setiap saat kepada publik. 

"Prestasi yang telah dicapai ini menjadi bagian kepercayaan yang telah diberikan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur kepada Pemerintah Kabupaten Malang dalam  menyediakan segenap informasi yang dibutuhkan publik, khususnya masyarakat Kabupaten Malang. Hal ini bertujuan pula untuk menunjang program kerja kami, yaitu menuju Malang Makmur," ujar Wakil Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (02/12), saat di Command Center Kabupaten Malang dengan didampingi oleh Inspektur Kabupaten Malang, Dr. Tridiyah Maistuti, dan Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang, Drs. M. Nur Fuad Fauzi.

Sebelumnya, dalam acara yang digelar daring tersebut, Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur, Dr. Hudiyono, menyampaikan pesan dari Gubernur Jatim, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada Badan Publik untuk terus berbenah dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik, sesuai amanat Undang-Undang no 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

"Keterbukaan informasi menjadi hal yang sangat penting, untuk mewujudkan good government, tata kelola pemerintah yang baik, transparan, partisipatif, dan akuntabel," ungkapnya. 

Selain itu, Hudiyono juga mengatakan, bahwa keterbukaan informasi publik dinilai menjadi faktor utama dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas. 

"Apalagi dengan modernisasi teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan keleluasaan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan tepat," tandasnya. 

Sekedar informasi, ada tujuh kategori penghargaan yang disampaikan pada Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik "KI Awards" tahun 2021, yaitu Penyedia Informasi Setiap Saat Terbaik, Penyedia Informasi Berkala Terbaik, Penyedia Layanan Informasi Terbaik, Pengelola dan Pendokumentasian Informasi Terbaik, Badan Publik Menuju Informatif, Badan Publik Informatif, serta Penghargaan kepada Mitra Strategis.