Bupati Jember Salurkan BOP PAUD Rp. 18 Milyar Untuk 1.612 Lembaga Pendidikan

Bupati Jember Hendy Siswanto/RMOlJatim
Bupati Jember Hendy Siswanto/RMOlJatim

Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto didampingi Plt. Dinas Pendidikan Bambang Hariyono menyerahkan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  Tahap II Tahun Anggaran 2021.


Bantuan tersebut, diserahkan secara simbolis untuk meningkatkan layanan pendidikan pada satuan pendidikan penyelenggara pendidikan anak usia dini, di Aula Dinas Pendidikan, Jumat (3/12).

"Alhamdulillah dana BOP PAUD, diserahkan kepada 1.612 lembaga PAUD dan ada 150 perwakilan lembaga yang menerima secara langsung, sedangkan selebihnya akan diantarkan," kata Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menjelaskan prosesi serah terima BOP PAUD kali ini, pemberian yang tahap kedua, dengan total dana, yang disalurkan kurang lebih sebesar  Rp.18 Milyar. 

Dia tegaskan mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap para tenaga pendidik, yang memegang peran utama dalam kesuksesan dunia pendidikan. Bop Paud  merupakan bagian kecil penghormatan negara kepada para pengelola lembaga Paud. Dia berharap lembaga Paud terus berbenah dan mengejar ketertinggalan akibat pandemi Covid-19.

"Saya berpesan mari kejar ketertinggalan selama  2 tahun karena pandemi. Kita bisa speed up dengan kerja tim," katanya. 

"Kerja tim ini, membutuhkan kolaborasi dari 5 elemen yakni Pemerintah, Masyarakat, Akademisi, Media, dan Swasta. Insyaallah jika kelima elemen tersebut bersatu, Jember bisa maju baik dari segi ekonomi maupun bidang lainnya," sambungnya. 

Selain itu, lanjut lanjut bupati, dana insentif guru Paud akan segera cair. 

"Minggu depan, insyallah insentif guru Paud sudah cair,"katanya.

 Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Bambang Haryono, dalam sambutannya berharap penyerahan BOP Paud ini, bisa mendukung perkembangan di dunia pendidikan, khususnya lembaga Paud di Kabupaten Jember.