BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat di Wilayah Gunung Semeru!

Gunung semeru/ist
Gunung semeru/ist

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan potensi hujan sedang hingga lebat di kawasan puncak dan lereng Gunung Semeru.


Hujan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan terjadi hingga Minggu besok (12/12).

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab mengingatkan, prakiraan cuaca ini penting diwaspadai masyarakat, khususnya di sekitar Gunung Semeru, maupun pihak-pihak yang bertugas dalam percepatan penanganan bencana erupsi Gunung Semeru yang masih berjalan hingga hari ini.

"Wilayah Gunung Semeru, sampai dengan Minggu kami melihat masih ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terutama di siang hari," jelas Fachri dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/12).

Potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi pukul 12.00 WIB hingga 12.00 WIB di kawasan puncak Semeru dan kawasan lereng.

"Ini yang perlu menjadi kewaspadaan kita," imbuhnya.

Prakiraan cuaca ini berpotensi terjadi di kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Semeru yang meliputi, Kecamatan Poncokusumo, Kecamatan Wajak, Kecamatan Tirtoyudo dan Kecamatan Ampel Gading di Kabupaten Malang.

Kemudian Kecamatan Senduro, Kecamatan Pasrujambe, Kecamatan Candipuro, Kecamatan Tempursari dan Kecamatan Pronojiwo di Kabupaten Lumajang.