Waspada Varian Baru Jelang Nataru, Tes Swab Antigen Acak Sasar Pengunjung Mall

Petugas Dinkes Kota Kediri, Swab Pengunjung Mall/RMOLJatim
Petugas Dinkes Kota Kediri, Swab Pengunjung Mall/RMOLJatim

Kewaspadaan terhadap penyebaran covid-19 terus ditingkatkan semua pihak menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Dinas Kesehatan Kota Kediri bersama Satgas Covid-19 Kota Kediri, melakukan surveillance aktif dengan melakukan swab antigen acak kepada para pengunjung toko modern atau mall di Kota Kediri.  

"Hal ini untuk mencegah terjadinya penularan covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Selain itu juga sebagai langkah antisipasi adanya varian baru yang kemungkinan besar nanti bisa masuk ke Kota Kediri, " Kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kediri Alfan Sugiyanto, Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Sabtu (11/12). 

Fokus surveillance dilakukan di 5 toko modern atau mall yakni di Kediri Town Square, Kediri Mall, Golden, Dhoho Plaza dan Ramayana. Dinkes bersama Satgas Covid-19 menurunkan 2 tim untuk memperkuat surveillance. 

Di setiap mall sendiri diambil 50 sasaran secara acak, baik pengunjung ataupun karyawan mall. Pemilihan mall sebagai lokasi fokus surveillance sendiri bukan tanpa alasan. 

"Mall-mall di Kota Kediri ini adalah penghubung, pengunjung tidak hanya warga Kota Kediri. Apalagi pada hari Sabtu, hari Minggu biasanya banyak warga yang luar kota mengunjungi mall di Kota Kediri. Ini juga  sebagai upaya Pemerintah Kota Kediri untuk melindungi masyarakat atau warga Kota Kediri dari terjadinya penularan Covid-1, " tutur Alfan lagi. 

Ditambahkan Alfan dari 200 hasil swab yang sudah diperiksa tidak ditemukan adanya warga yang positif covid-19.  

Alfan menuturkan, hal itu salah satunya karena para pengunjung mall  kebanyakan sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi dimana penggunaannya memiliki syarat utama harus sudah melaksanakan vaksinasi.  

"Mungkin itu salah satu jawaban kenapa tidak ada yang positif," pungkasnya.