Ngawi Dapat Perluasan PKH Plus Jatim

Tri Pujo Handono, Plt Kepala Dinsos Ngawi/RMOLJatim
Tri Pujo Handono, Plt Kepala Dinsos Ngawi/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten Ngawi mengklaim telah menerima perluasan dari Program Keluarga Harapan (PKH) plus bersumber dari PABPD Jawa Timur 2021. 


Sesuai data yang dihimpun dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ngawi tercatat ada 704 penerima manfaat atas bagian dari program Jawa Timur sejahtera ini. 

"PKH plus perluasan memang ada 704 warga Ngawi yang menerima sasarannya memang lansia. Program ini realisasi akhir tahun 2021 ini," terang Tri Pujo Handono, Plt Kepala Dinsos Ngawi kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (15/12).

Ratusan penerima manfaat tersebut, katanya, mendapat jatah Rp 500 ribu melalui transfer rekening di Bank Jatim. Hanya saja program PKH plus perluasan memang dianggarkan cukup sekali saja tidak sama seperti PKH plus atau reguler. 

Diharapkan Tri Pujo, dengan mendapat PKH plus perluasan setidaknya dapat meringankan beban ekonomi selama pandemi akibat Covid-19 terutama para lansia. 

Lanjut Tri Pujo, berbagai macam bantuan sosial baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota mengakibatkan beban kerja dan pengawasan lebih berat. Namun semua bisa teratasi dengan cara koordinasi lintas sektor maupun pendampingan, dalam hal ini korda dan pendamping BSP kecamatan merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan bantuan sosial.