Bangkit di Masa Pandemi, Puluhan Emak-emak Dilatih Membatik

Pelatihan Membatik bagi emak-emak yang tergabung PKK Desa Kalisalam Kecamatan Dringu. /RMOLJatim
Pelatihan Membatik bagi emak-emak yang tergabung PKK Desa Kalisalam Kecamatan Dringu. /RMOLJatim

Bangkit di masa Pandemi, Puluhan emak-emak di Desa Kalisalam Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, mendapat pelatihan membatik oleh pemerintah desa setempat.


Aksi membatik itu, untuk membangkitkan semangat ekonomi mereka untuk menunjang kehidupan lebih baik kedepannya.

"Kami memberikan pelatihan batik kepada warga untuk menciptakan masyarakat yang terampil dan kreatif," kata Pj Kepala Desa Kalisalam, Joko Tono Susanto, pada Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (17/12).

Menurut dia, pelatihan dengan menghadirkan pengusaha batik "Ronggo Mukti" Kecamatan Kraksaan itu diikuti oleh 25 orang peserta dari berbagai dusun di desanya.

"Pelatihan batik merupakan salah satu bentuk wujud kepedulian masyarakat Kabupaten Probolinggo dalam melestarikan dan mengembangkan salah satu seni budaya bangsa Indonesia, tentunya para kaum perempuan yang kreatif, inovatif dan berpotensi," tuturnya.

Ia menjelaskan tujuan memberikan keterampilan kepada masyarakat, agar mereka bisa menghasilkan kreasi batik dari masing-masing warga.

"Mudah-mudahan masyarakat bisa menciptakan motif batik yang dapat mengangkat potensi lokal daerah setempat. Untuk motifnya, kita fokus ke Kalisalam," ujarnya.

Selain itu masih kata Joko, pelatihan batik tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan serta bimbingan kepada masyarakat dalam menciptakan wirausaha baru seperti perajin batik.

 "Tumbuhnya pengerajin batik baru diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat ," pungkasnya.