Pemerintah Didesak Batasi Akses Pelancong dari Luar Negeri ke Indonesia

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani/Net
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani/Net

Pemerintah didesak untuk membatasi akses pelancong dari luar negeri ke Indonesia guna mencegah masuknya varian Omicron Covid-19.


Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani juga mendesak agar tes PCR, isolasi, dan karantina secara ketat dilakukan pemerintah dalam pembatasan tersebut.

“Pastikan para pelancong yang datang ke Indonesia menjalani protokol kesehatan secara menyeluruh,” tegas Netty, dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL kepada wartawan, Senin (20/12).

Varian Omicron, kata Netty, sudah masuk ke Indonesia. Selain itu, tiga TKA China yang transit di Manado juga dinyatakan sebagai probable varian Omicron.

Menurutnya, kasus Omicron di Wisma Atlet harus menjadi sinyal bahwa ada yang menularkan pada petugas kebersihan, apakah di lokasi atau di lingkungan sekitar tempat tinggal yang bersangkutan.

“Segera lakukan tracing untuk menelusuri pesebarannya. Jangan sampai kita kecolongan karena pembawa virus malah bebas berkeliaran di tengah masyarakat," ujarnya.

Netty meminta pemerintah mengedukasi masyarakat terkait gejala dan sifat dari varian Omicron serta agar segera melapor pada pihak berwenang jika menemukan kasusnya di lapangan.

"Jangan hanya ribut soal masuknya Omicron, tapi masyarakat tidak diberitahu bagaimana langkah mitigasinya," katanya.