Pemkab Bondowoso Serahkan Bantuan Rp 253 Juta untuk Korban Gunung Semeru

Penyerahan bantuan Pemkab Bondowoso secara simbolis diterima Wabup Lumajang/RMOLJatim
Penyerahan bantuan Pemkab Bondowoso secara simbolis diterima Wabup Lumajang/RMOLJatim

Bupati Bondowoso bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bondowoso berkunjung ke Pendopo Bupati Lumajang dan menyerahkan bantuan uang sekitar Rp 253,25 juta untuk korban erupsi Gunung Semeru, Rabu (22/12). 


Di Lumajang, bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Bondowoso, Salwa Arifin dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, di Graha Nararya Kirana, Kabupaten Lumajang. 

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin menyampaikan, bantuan uang tunai yang diberikan tak ada yang dari APBD. Melainkan, murni berasal dari swadaya ASN se kabupaten. Ditambah dari Baznas kabupaten. 

"Kalu kita tanyakan bantuannya sangat minim sekali. Dibanding kelompok-kelompok lain. Nilainya tak seberapa tapi ini bentuk kepedulian kami, dengan segala keterbatasan kami," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Ditambahkan Bupati Salwa, pihaknya memberikan bantuan dalam bantuan uang tunai. Karena menilai  banyak kebutuhan yang diperlukan oleh korban Gunung Semeru. Sementara kebutuhan sembako juga cukup banyak. 

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperwati, mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas bantuan dan dukungan yang diberikan. 

Tentu kehadiran secara langsung pemimpin daerah dalam memberikan dukungan moril menjadi penyemangat bagi masyarakat Lumajang. Lebih-lebih saat ini tengah terjadi kesulita  ekonomi, akibat pandemi Covid-19. 

"Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada Bupati Bondowoso beserta seluruh masyarakat Bondowoso. Luar bisa empati, dan kehadiran beliau, menjadi penyemangat," ungkapnya. 

Ia juga menyinggung bahwa selama ini juga cukup banyak relawan yang dikirim oleh Pemerintahan Bondowoso di lokasi. 

Disinggung tentang pemulihan pasca Erupsi, kata wanita akrab disapa Indah ini, pihaknya saat ini sedang fokus untuk persiapan pembangunan hunian sementara bagi 2.900 masyarakat. 

"Kami sedang fokus persiapan untuk pembangunan hunian sementara bagi 2.900 masyarakat," ujarnya. 

Ia menyebutkan bahwa kini masyarakat pengungsi dalam kondisi baik. Bahkan, di setiap pos-pos pengungsi telah disiapkan layanan medis, dan trauma healing untuk anak-anak dan orang tua. 

"Jadi kondisi mereka traumanya sudah berangsur  pulih, mudah-mudahan mereka semakin diberikan sabar dan kuat," pungkasnya. 

Dalam kunjungan penyerahan bantuan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah kepala organisme perangkat daerah (OPD) dari Bondowoso. Seperti, Kepala Dinas PUPR Munandar, Kepala DPMD Haeriyah Yuliati, Kepala DPMPTSP dan Ketenagakerjaan Nunung Setyaningsih, Kepala Bagian Ekonomi Rahmatullah, Plt Kesra Mufid, Asisten 1 Mahfud Sunardji, Kasatpol PP Selamet Yantoko, serta sejumlah pejabat eselon II dan III.