Dukung Pelestarian Lingkungan, Sekolah Di Bondowoso Raih Adiwiyata 2021

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat serahkan penghargaan Adiwiyata/RMOLJatim
Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat serahkan penghargaan Adiwiyata/RMOLJatim

Sejumlah sekolah di Bondowoso yang peduli terhadap lingkungan meraih penghargaan Adiwiyata 2021, Selasa (28/12).


Penghargaan didapatkan oleh 8 sekolah karena telah berhasil dalam pengelolaan lingkungan hidup yang melibatkan para siswa, guru dan semua pihak di sekolah tersebut. Penghargaan diantaranya juga dari gubernur Jawa Timur.

Disampaikan Bupati Bondowoso, Drs. KH Salwa Arifin , dalam rangka upaya pengelolaan lingkungan hidup dan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya, maka pemerintah melakukan beberapa program strategis. Diantaranya Sekolah Adiwiyata, Desa/Kelurahan Berseri dan juga Pelestari Fungsi Lingkungan Hidup (PFLH).

"Adiwiyata merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup, sedangkan Berseri dan PFLH adalah program dari DLH Provinsi Jawa Timur," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso, Aries Agung Sungkowo melanjutkan, bahwa partisipasi sekolah dalam program Adiwiyata tahun ini meningkat dibanding sebelumnya. Karena mereka paham bahwa pentingnya manfaat lingkungan sehat, maka banyak yang mengajukan diri sebagai peserta.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya, SD untuk ikut Adiwiyata sangat sedikit dan kebanyakan menolak," sambungnya.

Selanjutnya, kata Agung delapan sekolah tersebut akan dipersiapkan untuk kembali berpartisipasi dalam lomba yang sama.

Sebagai indikator dasar dalam penilaianan Adiwiyata adalah sekolah yang mendukung dalam pelestarian lingkungan antara lain mencakup kebersihan, pemilahan sampah hingga resapan air dan lainnya.

Dari data yang terhimpun, dua sekolah mendapat penghargaan Adiwiyata oleh Pemprov Jatim yakni SDN Dabasah 4 dan SDN Maskuning Wetan 2 Pujer.

Selanjutnya sebanyak enam sekolah meraih penghargaan tingkat kabupaten antara lain SDN Kejayan 1 Pujer, SDN Blindungan 1, SDN Cindogo 1 Tapen, SMPN 1 Tegalampel, SDN Pakuniran 2 Maesan dan SDN Cermee 5 

Adapun, Desa/Kelurahan BERSERI, berhasil diraih oleh Kelurahan Dabasah kategori Madya dan Kelurahan Sekarputih dengan kategori Pratama.