Tahun Baru 2022, Pengunjung Disuntik Vaksin di Tempat Wisata Bondowoso

Pengunjung wisata Arak-Arak sedang divaksin/RMOLJatim
Pengunjung wisata Arak-Arak sedang divaksin/RMOLJatim

Tempat wisata pemandangan alam Arak-Arak di Kecamatan Wringin melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi wisatawan yang berkunjung, Sabtu (1/1).


Disampaikan petugas vaksinator dari RS Bhayangkara, Ziska Faddylah, antusiasme pengunjung untuk melakukan vaksin di tempat wisata telah nampak sejak sebelum pergantian tahun. Dari total jumlah pengunjung, sebanyak 60-70 persen melakukan vaksin di tempat tersebut.

"Kebanyakan vaksin dosis kedua jenis Sinovac," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Masyarakat yang melakukan vaksinasi rata-rata dari warga desa setempat. Adapun pengunjung wisata, baik lokal maupun luar kabupaten hanya sebagian kecil yang meminta untuk divaksin di tempat.

"Kebanyakan warga sini. Wisatawan ada juga tapi nggak terlalu banyak," sambungnya.

Untuk melayani pengunjung, pihaknya menyiapkan 40 vial dalam sehari dengan target vaksin sebanyak 100 pengunjung.

Sementara itu, Hatipa (63) salah satu warga Sumber Canting mengaku senang dengan adanya layanan vaksinasi di tempat wisata. Menurutnya, suntik vaksin dilakukan karena atas kesadaran sendiri, meski sebelumnya ia mengaku takut.

"Saya ingin sehat biar terhindar dari bahaya virus dan penyakit," katanya dalam Bahasa Madura.

Aminah, warga Situbondo yang meluangkan waktunya menikmati Tahun Baru di pemandangan Arak-Arak, mengaku sudah menjalani vaksinasi penuh. Andai belum, ia pasti akan meminta untuk disuntik vaksin hari itu juga.

"Alhamdulillah sudah. Kalau belum saya pasti suntik di sini," terang ibu dua anak ini.

Dari pantauan di lokasi, pada awal Tahun 2022, banyak masyarakat yang berbondong-bondong liburan ke tempat wisata. Untuk itu, Satgas Penanganan Covid-19 menyebar personel di sejumlah destinasi wisata, untuk menjaga dan memperketat aktivitas warga, agar tidak menimbulkan penyebaran Covid-19. 

Petugas wisata pun berkali-kali mengingatkan wisatawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama berada do area Pemandangan Arak-Arak.