Diminta Ikut Pilpres 2024 Oleh Para Gus, Muhaimin Konsolidasi Basis NU Dimulai dari Banyuwangi

Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar bersama para kyai di PCNU Banyuwangi, Rabu (19/1) malam/RMOLJatim
Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar bersama para kyai di PCNU Banyuwangi, Rabu (19/1) malam/RMOLJatim

Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar mengaku diminta ikut dalam kontestasi pemilihan presiden tahun 2024 oleh para gus atau kyai muda se-Jawa Timur.


Untuk itu dirinya melakukan silaturahmi dengan basis NU di Jatim, dimulai dari Banyuwangi. Merapatkan barisan menghadapi 2024. Baik dalam pemilihan legislatif, pemilihan presiden maupun pemilihan kepala daerah.

“Intinya sowan kepada para kyai, para ulama di seluruh Banyuwangi ini mohon doanya semoga proses yang akan saya hadapi nanti di 2024 lancar,” ujar Gus Muhaimin dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu malam (19/1).

Sedari pagi, kata Gus Muhaimin, banyak bertemu dengan para kyai termasuk para gus saat berada di Kabupaten Banyuwangi untuk memohon restu dan dukungan dalam Pemilu 2024.

“Kami akan berusaha sampai tiga bulan ke depan untuk menghitung dan mengaklkulasi potensi dukungan masyarakat,” katanya.

Selain itu, PKB juga akan melihat peta koalisi. Sebab, syarat minimal dapat maju sebagai Capres dan Cawapres minimal harus mengantongi 20 persen kursi di parlemen.

“Kita lihat nanti siapa saja koalisi kita. Ini bisa dilihat nanti pada tahun 2023,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini mengatakan, dukungan para gus kepada Ketum DPP PKB supaya maju dalam Pilpres tahun 2024, bahwa kader NU yang ditugaskan di politik praktis adalah Gus Muhaimin.

“Gus Muhaimin ini salah satu kader terbaik NU yang di posisikan di politik praktis, kita tidak punya orang lain. Bismillah, kita akan membersamai Gus Muhaimin sampai 2024 nanti,” tegas Gus Makki.