Musda Demokrat Jatim, Dua Nama Masuk Tahapan Fit And Proper Test Di Jakarta

Bayu Airlangga dan Emil Elestianto Dardak/ist
Bayu Airlangga dan Emil Elestianto Dardak/ist

    Musyawarah Daerah (Musda) Demokrat Jawa Timur telah selesai, Kamis (20/1/2022) malam menghasilkan dua nama calon ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Partai Demokrat Jatim. Mereka adalah Emil Elestianto Dardak dan Bayu Airlangga.  


 Menurut Ketua Steering Comittee (SC) Musda DPD Partai Demokrat Jatim, Reno Zulkarnaen, setelah Musda selesai, dua nama calon tersebut selanjutnya akan diserahkan ke DPP Partai Demokrat untuk dilakukan tahap fit and proper test.

Mereka akan menemui tim 3 yang terdiri dari Ketua Umum, Sekjem dan Kepala BPOKK (Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan) DPP Partai Demokrat.

 "Jadi dua nama ini Insyaallah minggu depan akan melakukan fit and proper test menjelaskan apa saja visi misi dari beliau-beliau, kalau mereka memimpin partai Demokrat apa yang dilakukan," ujar Reno.

 Setelah menjalani fit and proper test,  kemungkinan 3 hari sudah bisa didapatkan siapa ketua terpilih DPD Demokrat Jatim. Ketua terpilih pun nantinya akan bersama DPP menyusun kepengurusan DPD Partai Demokrat 5 tahun kedepan.

"Mudah-mudahan minggu depan sudah disusun kepengurusan Demokrat Jatim, karena kami punya agenda untuk melaksanakan konsolidasi ditingkat Kabupaten kota yaitu Muscab, dan seterusnya sampai tingkat kecamatan dan ranting," tuturnya.

Lebih lanjut Reno menjelaskan dua kandidat tersebut terpilih menjadi calon Ketua DPD Demokrat Jatim karena telah mengikuti berbagai tahapan, salah satunya adalah verifikasi faktual. Semua DPC hadir dan membawa SK serta surat dukungannya masing-masing.

"Bila tidak melalui verifikasi faktual tidak bisa menjadi peserta di Musda pada hari ini, Alhamdulillah sudah terjadi verifikasi faktual kemarin dan hari ini sudah menghasilkan keputusan dua nama kandidat itu tadi," jelas Reno.

Reno pun berharap setelah ini tak ada lagi dua kubu di DPD Demokrat Jatim, baik kubu Emil maupun Kubu Bayu. Ia berharap semua kader Demokrat kembali menjadi satu untuk pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

"Jadi sudah tidak ada lagi siapa pendukung calon A, mulai malam ini semua jadi satu, dan siap menerima keputusan yang terbaik dari Ketum, saya rasa semua kader akan tunduk solid dan siap memenangkan demokrat di tahun 2024," tandas ketua Fraksi Demokrat DPRD Jatim ini.