Musrenbang RKPD 2022 Secara Virtual, Wali Kota Malang Puji Gotong Royong Warga

Wali Kota Malang, H. Sutiaji saat Kegiatan Musrenbang Secara Virtual
Wali Kota Malang, H. Sutiaji saat Kegiatan Musrenbang Secara Virtual

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 Kecamatan Klojen telah digelar. Dalam kegiatan secara virtual itu, Wali Kota Malang H. Sutiaji sampaikan pujian terhadap gotong royong warga.


"Terimakasih tak tehingga kami ucapkan, atas kontribusi warga Kota Malang, khususnya warga Kecamatan Klojen. Klojen ini merupakan pusat perkotaan yang ada di Kota Malang, namun masyarakatnya tetap guyub rukun dan gotong royongnya sangat kuat. Hal ini sangat luar biasa," kata Sutiaji. Rabu (9/2).

Sutiaji juga mengatakan, bahwa Musrenbang perlu dilakukan untuk menerima usulan masyarakat, kemudian pemerintah menentukan program prioritasnya.

"Sistem pembangunan yang dianut oleh Kota Malang button up, bukan top down. Artinya, pemerintah menerima masukan dari masyarakat dalam membangun Kota Malang. Tahun ini kita harus merancang inovasi untuk tahun 2023. Maka saat ini RKPD kita susun secara bersama-sama dari tingkat kelurahan sampai tingkat Kota, supaya mencapai keselarasan," ujar Sutiaji.

Sementara itu, Camat Klojen, Heri Sunarko, menuturkan, bahwa dalam Musrenbang kali ini terdapat 1.514 usulan. Usulan tersebut terdiri dari 1.044 usulan fisik dan 470 usulan non fisik. “Jadi totalnya terdapat 1.514 usulan,” tandasnya.

Bahkan, Heri Sunarko menegaskan, nantinya akan ada hal yang perlu diperbaiki, seperti manajemen administrasi dari kelurahan dan kecamatan.

"Kami berharap, Musrenbang ini dapat memenuhi tiga komitmen yang digaungkan oleh Wali Kota Malang. Diantaranya adalah masalah kesehatan harus meningkat, pertumbuhan ekonomi terutama pada masa pandemi, perbaikan atau peningkatan infrastruktur,” pungkasnya. [adv]