Banner Erick Tohir-Tri Rismaharini di Surabaya, Pakar: Pendukung Senang Karena Risma Naik Kelas

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Banner menteri BUMN Erick Thohir berpasanga dengan Tri Rismaharini 2024 disudut Kota Surabaya akan mendapat sejumlah tanggapan.


Salah satunya dari pendukung Risma yang menyambut baik karena dianggap telah "naik kelas" karena layak bertarung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan oleh pakar politik FISH (Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Dr Muhammad Mubarok Muharam pada minggu (13/2).

"Ini menguntungkan Erick Thohir. Namun juga mengangkat nama Risma yang disejajarkan menjadi tokoh di pencapresan 2024. Tentu pendukung Risma juga sangat senang, karena juga diuntungkan naik kelas," tandas alumni PMII Unair.

Dia menilai, tidak adanya identitas pendukung, karena belum ada kepastian dua pasangan tersebut pasti maju ke istana Negara. 

"No name dalam banner itu menunjukkan belum ada kepastian pasangan itu maju pilpres," tegas Mubarok.

Mubarok menyebutkan, upaya pemasangan banner sebagai wujud test ombak. Melihat reaksi rakyat Surabaya dengan pasangan banner itu.

 "Pemasang ingin melihat bagaimana reaksinya rakyat Surabaya," ujar dia.

Ia memprediksi, banner sengaja dipasang pendukung Erick Thohir dengan memasangkan Tri Rismaharini karena kepentingan basis. Sebab warga Kota Surabaya sangat mengenal Mensos Risma yang tidak lain pernah menjadi Wali Kota Surabaya dua periode. 

Lebih jauh, Mubarok menegaskan upaya itu sah-sah saja dilakukan pendukung calon. Meski Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih dua tahun lagi. 

"Belum melanggar, karena memang masih jauh di tahapan pencapresan," tegas dia.

Kalau dianggap melanggar, hanya pemerintah kota yang bisa.melakukan penindakan..sebab pemasangan banner dianggap melanggar peraturan daerah yang diberlakukan Pemkot Surabaya. 

"Mungkin sanksinya hanya pencopotan banner. Apalagi tidak ada siapa yang bertanggungjawab sebagai pemasang banner capres tersebut," tutup  Mubarok. 

Erick Thohir -Tri Rismaharini sebagai pasangan capres-cawapres 2024 dinilai sebagai upaya pendukung menteri 

Diketahui, beberapa pekan ini sejumlah baliho capres/cawapres bertebaran di Kota Surabaya. Pantauan di lapangan baliho bergambar Erick Thohir bersanding dengan Tri Rismaharini 2024 mulai terpasang. Meski Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih dua tahun lagi.

Gambar duet Menteri BUMN dan Menteri Sosial itu diantaranya terlihat di pertigaan Jalan Kenjeran dan Jalan Ir Soekarno MERR IIC. Terpantau juga di tepi Jalan Banyuurip wilayah Sukomanunggal. Serta di kawasan Darmo Satelit.

Di baliho gambar Erick dan Risma dengan latar warna putih, merah dan sedikit hitam, bertuliskan Erick Thohir dan Tri Rismaharini for 2024. Tidak ada keterangan pemasang baliho.

Keberadaan baliho-baliho tersebut cukup menyedot perhatian pemakai jalan. 

"Lho? Erick dan Risma jadi calon presiden dan wakil presiden, serius ta?" kata Firdi, salah satu pengguna jalan yang biasa melintas di Jalan Banyuurip.