Jeritan Emak-emak Atas Langka dan Mahalnya Harga Minyak Goreng

Ilustrasi penjual minyak goreng/Net
Ilustrasi penjual minyak goreng/Net

Minyak goreng yang telah ditetapkan pemerintah dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 14 ribu per liter menjadi produk yang sangat tidak mudah ditemukan.


Sehingga Ibu Rumah Tangga (IRT) di Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, terpaksa membeli minyak goreng dengan harga yang tinggi agar bisa memenuhi kebetuhan sehari-harinya.

Seperti yang dirasakan Asri (48) warga Lengkong, Serpong, Tangsel. Asri terpaksa membeli minyak goreng di warung kelontong dengan harga tinggi per liternya.

"Susah sekarang cari minyak goreng murah. Mau enggak mau, beli di toko eceran harganya Rp 20 ribu per liter, lumayan juga kalau harganya segitu," kata Asri, dikutip Kantor Berita RMOLBanten, Jumat (18/2).

Asri hanya berharap, harga minyak goreng di toko ritel maupun di toko eceran bisa menyesuaikan HET yakni seharga Rp 14.000 per liter.

"Kepingin saya itu, harga minyak goreng semuanya sama Rp 14.000. Masa di toko kelontong harganya tinggi, apa mungkin dia langsung matok harga mahal. Ya semoga pemerintah bisa bertindak menyesuaikan harga minyak goreng," tandasnya.

Senada dengan Asri, IRT lainnya, Lisa (30), warga Pamulang juga kesulitan mencari minyak goreng.

"Saya keliling toko ritel sama sekali enggak dapet. Daripada enggak dapat sama sekali, ya beli di toko kelontong yang masih jual. Walaupun harganya Rp 40 ribu untuk dua liter," tutur Lisa.

Sementara, salah seorang pedagang minyak goreng, Lilis, mengaku hanya menerima dua dus pasokan minyak goreng di toko tempatnya berjualan setiap minggunya.

"Itu minyak goreng sejam juga habis, karena dari distributor hanya dijatah dua dus. Satu dus isi 12 kemasan satu liter dan 6 kemasan isi 2 liter," ungkap Lilis.

Akibatnya, Lilis kerap mendapat ocehan dari pelanggannya yang tak kebagian stok minyak goreng.

"Pelanggan saya pada jengkel, katanya saya enggak mau sisihkan buat dia. Padahal stoknya sedikit, kalau kita tahan yang datang membeli dan butuh banyak," keluh Lilis.