Undang Lundruk Suroboyo dalam Rakerwil, PKS Jatim Komitmen Perjuangkan Budaya Lokal

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Ruang Premier Ballroom Hotel Mercure Surabaya Ahad 6 Maret 2022 tampak semarak, beberapa kali terdengar tawa para peserta kegiatan itu. Namun siapa sangka kegiatan dalam ruangan itu adalah rapat kerja wilayah PKS Jawa Timur. 


Rapat kerja yang biasanya terkesan serius dibuat berbeda oleh panitia penyelenggara Rakerwil PKS Jatim 2022. Hal itu karena kehadiran grup Ludruk Luntas dari Surabaya yang mengocok perut peserta yang hadir. 

Deddy Gigis, salah satu anggota ludruk itu dalam tampilannya mengaku mengenal sosok Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan. 

"Aku iki kuenal karo Pak Irwan, konco plek wes (saya ini sangat kenal Pak Irwan, sahabat karib)," ujar Gigis.

Ia menyampaikan nama Irwan itu punya filosifi. 

"Huruf 'i' iku singkatan dari inspiratif. Orangnya selalu menginspirasi," kata Deddy Gigis. 

Huruf 'r', ia melanjutkan berarti rasional. "Ini orangnya selalu bawa logika, gak ngawur kalo mimpin," katanya. 

W diartikan wibawa. Sementara huruf 'a' adalah amanah dan huruf 'n' singkatan dari nasionalis. 

"Pak Irwan tambah seratus ribu ya pak," katanya sambil tertawa. 

Ketua Bidang Seni dan Budaya DPW PKS Jawa Timur Amir Gunawan menjelaskan keputusan panitia menghadirkan grup Ludruk asal Surabaya ini. 

"Ludruk menjadi salah satu kesenian Jawa Timur yang alhamdulillah sampai detik ini masih diminati para generasi muda," jelasnya. 

Ia menjelaskan, PKS menghadirkan jula-juli dan dagelan juga dalam rangka menjaga seni budaya Jawa Timur ini jangan sampai sepi peminat.

"Selain itu juga memang penampilannya geerrrr, menghibur dan dikemas secara kekinian," katanya.

Pria yang dikenal sebagai komika Stand Up Comedy ini menyampaikan bahwa anggota PKS hari ini dengan semangat transformasi dan kolaborasi, harus siap membawa dan perjuangkan nilai-nilai Budaya Jawa Timur dalam tiap gerak kepartaiannya. 

"Anggota PKS di berbagai level, mulai pusat, wilayah, daerah sampai cabang, memiliki lingkungan seni budaya masing-masing yang perlu diangkat," katanya.

Hal ini, ia menerangkan, agar seni budaya yang ada di sekitar kita tidak sekedar menjadi sejarah yang hanya diperbincangkan, namun tetap lestari dan turun menurun.

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan memuji upaya oanitia Rakerwil PKS Jatim yang menghadirkan beberapa tampilan yang lekat dengan tradisi masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Timur. 

"Ada seni hadrah, ada juga tari remo, dan Ludruk Suroboyo yang dibawakan oleh Robet Bayonet dan Deddy Gigis. Selain menghibur, ini upaya kita mengapresiasi dan mempertahankan kesenian lokal. Terima kasih kepada panitia Rakerwil PKS Jatim 2022," pungkasnya.{}