UIN Alauddin Makassar Belajar Ilmu Falak ke Gresik 

Penandatanganan nota kesepahaman UIN Alauddin Makassar dan LF PCNU Gresik/Ist
Penandatanganan nota kesepahaman UIN Alauddin Makassar dan LF PCNU Gresik/Ist

Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Prodi Ilmu Falak, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dan Lembaga Falakiyah (LF) PCNU Gresik melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk belajar materi ilmu falak.


MoU dilakukan Dekan FSH, Muammar Muhammad Bakry yang diwakili Wakil Dekan III, Muhammad Saleh Ridwan dan Ketua LF PCNU Gresik yang baru periode 2021-2026, Muchyiddin Hasan didampingi Sekretarisnya Angga Purwancara.

Menurut Wakil Dekan UIN Alauddin Makassar, Muhammad Saleh Ridwan MoU yang dilakukan pihaknya untuk pengembangan Tri dharma perguruan tinggi. Serta sebagai langkah pencerahan tentang instrumen fajar shadiq dan beberapa pelatihan yang dilakukan oleh Lembaga Falakiyah PCNU Gresik.

"Kami bersepakat untuk membuat perjanjian kerja sama, membangun pengembangan khususnya ilmu falak. Sebab, Gresik punya beberapa pakar yang cukup banyak dan punya banyak prestasi. Tentu kami harapkan prodi Ilmu Falak di kampus kami bisa maju dan berkembang," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim usai melakukan penandatanganan MoU, Kamis (10/3).

Senada juga disampaikan Ketua Prodi Ilmu Falak UIN Alauddin, Fatmawati Hilal yang menjadi inisiator MoU tersebut. Pihaknya menginginkan jika mahasiswanya bisa diberi pelatihan khusus oleh LF PCNU Gresik. 

Pasalnya, UIN Alauddin ingin memaksimalkan program studinya, dengan mengirim beberapa anak didiknya untuk belajar secara khusus di Balai Rukyat Condrodipo Gresik yang biasa digunakan untuk observasi hilal (bulan).

"Dari kerjasama ini, kami ingin ada follow up, anak-anak bisa mendalami instrument falak yang sudah ada di sini dengan Dewan Pakar dari LF PCNU Gresik. Bahkan, tidak menutup kemungkinan KH. Abdul Muid Zahid dan Ustadz Inwanuddin akan kami undang sebagai dosen tamu di Universitas kami nanti sebagai dasar penguatan ilmu dari mahasiswa kami," ungkap Fatmawati.

Sementara Ketua LF PCNU Gresik, Muchyiddin Hasan sangat mengapresiasi MoU sebagai kado istimewa bagi para pengurus yang baru saja mendapat Surat Keputusan (SK) dari PCNU Gresik. 

"Momen ini, tentu menjadi spirit bagi pengurus baru khususnya agar bisa lebih serius dalam berkhidmah. Karena LF PCNU Gresik, menjadi referensi pembelajaran kampus ternama di provinsi Sulawesi Selatan," tuturnya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada civitas akademika UIN Alauddin Makassar khususnya Fakultas Syariah dan Hukum Prodi Ilmu Falak yang sudah mempercayai sebagai referensi pembelajaran untuk meningkatkan sekaligus mengembangkan Ilmu Falak untuk mahasiswanya.

"Tentu ini akan menjadi spirit bagi kami, sebagai pengurus Lembaga Falakiyah yang baru saja mendapat SK dari PCNU Gresik," tandasnya.