Bondowoso Menuju Smart City 2022, Kominfo Siapkan Anggaran Rp6 Miliar

Suasana raker Komisi I DPRD Bondowoso bersama Dinas Kominfo/ist
Suasana raker Komisi I DPRD Bondowoso bersama Dinas Kominfo/ist

Mengacu RKPD 2022 dengan meningkatkan inovasi berbasis teknologi dimanfaatkan betul oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Bondowoso.


Dengan target besar dengan mengubah tata kelola pemerintahan, kebijakan dan sebagainya yang masih manual diharapkan agar sesegera mungkin bisa terkoneksi secara digital.

Ketua Komisi I DPRD Bondowoso, H Tohari usai raker bersama Diskominfo menyatakan ada fokus kinerja dan anggaran untuk Diskominfo adalah Bondowoso smart city diharapkan disukseskan oleh pimpinan daerah atas program tersebut yang kini infrastrukturnya sudah mulai dibangun.

Tohari menyebutkan untuk tahun 2022 alokasi anggaran sebesar Rp6 Miliar akan diperuntukan untuk kelancaran Bondowoso smart city oleh Dinas Kominfo.

"Perlu kiranya SDM di luar Kominfo agar segera disiapkan, saya yakin Kominfo mampu atas tugas tersebut," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (16/3).

Sementara Kepala Diskominfo Bondowoso, Ghozal Rawan mengatakan bahwa teknologi berbasis informasi tersebut diharapkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada segera terlibat dengan Dinas Kominfo sebagai komando.

"Kami yang menyiapkan infrastruktur dan membina SDM nantinya," tuturnya.

Nantinya, Infrastruktur itu akan disesuaikan dengan master plan yang akhir tahun lalu sudah dirancang hingga tahun 2024.

Untuk tahun 2022 targetnya menyatukan dan mengintegrasikan semua aplikasi yang berada di seluruh OPD dengan membuat common center atau pusat komando.

"Nanti semua data seluruh OPD akan jadi satu pintu di common center itu, tidak ada perbedaan dengan dinas dan pihak lain," sambungnya.

Mengacu pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik seharusnya agenda Bondowoso menuju smart city ini berjalan dengan mulus.

"Apalagi saat ini pandemi semua hampir semua kegiatan selalu online," pungkasnya.